Tangerang, 06 Desember 2024 – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) pada 2018, UMKM menyumbang sekitar 61% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap hingga 97% tenaga kerja di Indonesia. Meski demikian, masih banyak pelaku UMKM yang menghadapi tantangan untuk berkembang dan merambah pasar internasional.
Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat untuk membantu UMKM “naik kelas” dan menembus pasar global. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain mengoptimalkan branding dan packaging produk, meningkatkan kualitas produk sesuai dengan standar internasional, serta memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran. Selain itu, peningkatan kapasitas dan kemampuan sumber daya manusia (SDM), serta memanfaatkan fasilitas pembiayaan ekspor juga menjadi kunci penting dalam memperkuat daya saing UMKM.
Baca juga: Digitalisasi Transaksi Meningkatkan PAD NTT 4,72%
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti pameran internasional yang dilengkapi dengan program business matching. Hal ini membuka peluang besar bagi UMKM untuk berkolaborasi dan memperluas jaringan pasar. Salah satu ajang pameran internasional yang dapat dimanfaatkan adalah BRI UMKM EXPO(RT) 2025, yang akan diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI). Event ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk UMKM Indonesia ke pasar global serta meningkatkan daya saing UMKM.
Dengan tema “Broadening MSME’s Global Outreach”, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM Indonesia agar lebih aktif dalam pasar internasional. Program ini juga berfokus pada pembukaan peluang bisnis baru di berbagai belahan dunia. Sebagai bentuk komitmen BRI untuk mendukung UMKM, acara ini akan mengundang lebih banyak pelaku UMKM dan pembeli internasional untuk memperluas jaringan dan pasar UMKM Indonesia.
Baca juga: APBD 2025 DKI Jakarta Naik 6,97%, Fokus pada Pembangunan Berkelanjutan
Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI, Amam Sukriyanto, menjelaskan bahwa BRI berkomitmen untuk memajukan UMKM melalui pembiayaan, pendampingan, dan akses pasar global. “Kegiatan ini menjadi momentum strategis bagi UMKM untuk memperluas jangkauan pasar dan bertemu dengan potential buyer internasional,” kata Amam.
BRI UMKM EXPO(RT) 2025 akan berlangsung pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di Jakarta Convention Center (JCC). Rangkaian acara akan mencakup expo, showcase UMKM terkurasi, business matching, UMKM Award, serta berbagai hiburan dan instalasi seni. Produk-produk UMKM yang akan dipamerkan terbagi dalam lima kategori, yakni home decor and craft, food and beverage, accessories and beauty, fashion dan wastra, serta healthcare/wellness.
Keikutsertaan UMKM dalam ajang ini memberikan manfaat besar, salah satunya adalah peningkatan antusiasme peserta dari tahun ke tahun. Pada 2023, sebanyak 700 UMKM mengikuti kurasi, meningkat signifikan dibandingkan tahun pertama yang hanya diikuti oleh 155 UMKM pada 2019. Salah satu peserta, Husni Muthohari, CEO MUNO FOLK, mengungkapkan bahwa ajang tersebut memberi banyak inspirasi dan motivasi dalam mengembangkan produk serta pasar baru. Husni, yang telah mengikuti acara ini sejak 2021, menilai pendampingan yang diberikan dalam program tersebut memperkuat fondasi bisnis UMKM.
Selain itu, BRI juga memfasilitasi transaksi dan pengelolaan keuangan pelaku UMKM melalui layanan digital seperti BRImo, Qlola by BRI, EDC BRI, dan QRIS. Semua ini memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi dan mempermudah pengelolaan keuangan. Dengan dukungan ekosistem digital yang komprehensif dari BRI, UMKM dapat meningkatkan daya saing serta memperbesar peluang untuk berkembang, sekaligus berkontribusi pada perekonomian yang lebih kuat.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai BRI UMKM EXPO(RT) 2025, Anda dapat mengunjungi laman resmi di https://brilianpreneur.com.