UMKM Tangerang Menjadi Unggulan

getimedia.id – UMKM Tangerang Menjadi Unggulan, Jakarta Pemerintah Kota Tangerang, Banten, telah menetapkan UMKM sebagai salah satu program utamanya untuk periode tiga tahun ke depan, dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing ekonomi berbasis potensi daerah sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi. Pemerintah kota tangerang menggunakan UMKM sebagai program utama karna mengembangkan UMKM Tangerang adalah salah satu tujuan utama jug dari progam ini. 

Baca Juga : 86% UMKM Digital Marketplace

Dalam keterangannya di Tangerang pada hari Selasa, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, menjelaskan bahwa pertumbuhan UMKM akan menjadi fokus utama, dengan pemberdayaan sumber daya produktif melalui manajemen SDM, permodalan, akses, dan pemasaran. Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa pertumbuhan UMKM akan fokus juga sebagai penyokong ekonomi dimasa mendatang. 

Pendekatan ini sesuai dengan visi dan misi Kota Tangerang yang telah dirumuskan dalam perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019 – 2023, yang memperhitungkan kondisi pandemi saat ini. Wali Kota Arief menyatakan, “Ada tiga komponen utama dalam perubahan RPJMD, dan salah satunya adalah meningkatkan daya saing ekonomi melalui UMKM dengan memastikan akses ke sumber daya produktif.”

Dua komponen pembangunan utama lainnya adalah peningkatan SDM dan pengembangan infrastruktur perkotaan. Peningkatan SDM akan dicapai dengan memberikan kemudahan akses ke layanan kesehatan, pendidikan, mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran, serta penyediaan layanan publik yang terintegrasi. Dengan komponen pembangunan utama ini diharapkan dengan adanya perkembangan UMKM bisa mensejahterakan rakyat dalam segala aspek. 

Wali Kota Arief juga menekankan upaya untuk meningkatkan pelayanan publik melalui aplikasi yang terintegrasi sebagai bagian dari program ini. Selain itu, peningkatan kualitas infrastruktur perkotaan akan fokus pada pengembangan sarana dan prasarana publik seperti jalan, jembatan, sekolah, Puskesmas, fasilitas olahraga, dan pemukiman. 

Selain itu, upaya akan dilakukan untuk meningkatkan infrastruktur pengendalian banjir dan meningkatkan ketersediaan area terbuka hijau. Untuk informasi lebih lanjut, RPJMD Perubahan Kota Tangerang 2019 – 2023 secara umum berisi misi, tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, dan target penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img