BSI Luncurkan UMKM Center Pertama di Aceh

getimedia.id – Jakarta,  Bank Syariah Indonesia (BSI) Luncurkan UMKM Center Pertama di Aceh terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Dalam upaya ini, BSI baru-baru ini meresmikan UMKM Center di Aceh sebagai wujud dukungan konkretnya.

Baca Juga: Pemerintah Dimintaa Tegas Tertibkan Tiktok Shop demi UMKM 

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, mengungkapkan bahwa UMKM Center ini akan menjadi wadah penting bagi pelaku UMKM di Aceh. Fasilitas dan layanan yang disediakan di UMKM Center akan meliputi pelatihan, pembinaan, pembiayaan, hingga bantuan dalam proses pemasaran produk. 

Menurut Hery, kehadiran UMKM Center di Aceh merupakan bagian dari upaya BSI Luncurkan UMKM Center Pertama di Aceh untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku usaha di segmen UMKM. BSI berharap dapat membentuk ekosistem UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas.

Hery juga menjelaskan bahwa UMKM memiliki peran penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia yang terdampak krisis akibat pandemi Covid-19. Kontribusi UMKM mencapai 61,07% dari PDB nasional atau senilai Rp 8.573,89 triliun. Selain itu, UMKM juga menjadi penyedia lapangan kerja dengan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada dan menyumbang hingga 60,42% dari total investasi di Indonesia.

Di tingkat nasional, jumlah pelaku UMKM mencapai 99% dari total usaha di Indonesia, sedangkan di Banda Aceh saja terdapat kurang lebih 16.950 unit UMKM. Oleh karena itu, Hery menyatakan bahwa BSI dan UMKM adalah dua entitas yang tidak bisa dipisahkan, dan BSI berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan UMKM.

Selama ini, BSI telah menyalurkan pembiayaan untuk UMKM sebesar Rp38,3 triliun secara nasional, dengan kualitas pembiayaan yang sangat baik, mencapai sekitar 23% dari total portofolio pembiayaan BSI. Khusus untuk provinsi Aceh, BSI telah menyalurkan pembiayaan sektor UMKM senilai Rp6,9 triliun, yang merupakan sekitar 46% dari total portofolio pembiayaan BSI di Aceh.

Untuk mendukung pengembangan UMKM, BSI juga berencana membangun UMKM Center di beberapa wilayah lain di Indonesia. Selain itu, BSI akan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM untuk memodernisasi bisnis mereka, termasuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran.

Artikel ini mencerminkan upaya konkret BSI dalam mendukung UMKM di Aceh dan seluruh Indonesia. Dengan adanya UMKM Center dan berbagai program dukungan, diharapkan UMKM dapat terus berkembang dan menjadi salah satu pilar utama dalam pemulihan ekonomi nasional.

Sumber : kontan.co.id

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img