Cara Mudah UMKM Meningkatkan Layanan After Sales

Tangerang, 07 Februari 2025 – Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, menjaga loyalitas pelanggan menjadi tantangan besar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu solusi yang dapat membantu UMKM mengatasi tantangan ini adalah dengan memanfaatkan teknologi yang tepat, seperti OCA Interaction Lite dari OCA Indonesia (OCA).

OCA merupakan produk unggulan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang dirancang untuk membantu UMKM mengoptimalkan operasional bisnisnya. Salah satu layanan andalannya, OCA Interaction Lite, merupakan platform Customer Relationship Management (CRM) yang memungkinkan UMKM mengelola interaksi dengan pelanggan secara lebih efisien.

Baca juga: Festival Buah Lokal 2025 Sajikan Buah Langka dan UMKM

Dengan menggunakan OCA Interaction Lite, UMKM dapat meningkatkan layanan after sales yang berperan penting dalam menjaga kepuasan pelanggan. Sayangnya, layanan after sales sering kali terabaikan karena keterbatasan sumber daya. Akibatnya, interaksi dengan pelanggan menjadi kurang efektif dan tidak responsif.

Pemanfaatan platform CRM seperti OCA Interaction Lite memberikan banyak keuntungan bagi UMKM, di antaranya:

  1. Mengintegrasikan Berbagai Saluran Komunikasi
    OCA Interaction Lite memungkinkan UMKM mengelola komunikasi dari berbagai platform seperti Facebook Comment, Facebook Messenger, Instagram Comment, dan Direct Message dalam satu dashboard. Dengan demikian, keluhan atau pertanyaan pelanggan dapat terpantau dan tersolusikan dengan lebih cepat.
  2. Meningkatkan Kecepatan Respons
    Respons yang cepat terhadap pelanggan dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan mereka terhadap suatu brand. Dengan OCA Interaction Lite, UMKM dapat membangun hubungan yang lebih personal dan interaktif dengan pelanggan.
  3. Efisiensi Pengelolaan Sumber Daya
    OCA Interaction Lite dirancang agar UMKM dapat mengoptimalkan layanan pelanggan tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk fitur yang tidak dibutuhkan. UMKM dapat menyesuaikan fitur sesuai kebutuhan bisnis dan menambah fitur baru saat bisnis berkembang, seperti ticketing.

EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, mengungkapkan bahwa OCA Interaction Lite merupakan salah satu inovasi Telkom untuk mendukung digitalisasi UMKM.

“OCA Interaction Lite adalah salah satu platform unggulan kami yang dapat digunakan oleh UMKM di Indonesia dalam mengoptimalkan layanan after sales,” ujar Komang Budi Aryasa.

“Dengan OCA Interaction Lite, UMKM bisa secara proaktif membangun hubungan yang lebih personal dan relevan dengan pelanggan, serta memanfaatkan sumber daya secara lebih efisien sehingga memberikan hasil yang lebih optimal,” tambahnya.

Sebagai investasi jangka panjang, OCA Interaction Lite menjadi solusi yang ideal bagi UMKM yang ingin meningkatkan pelayanan pelanggan dan mempertahankan loyalitas pelanggan di era digital. Dengan teknologi ini, Telkom berkomitmen untuk membantu UMKM menghadapi persaingan bisnis dengan lebih percaya diri.

Baca juga: CEO Hiller Digital: Cara Meningkatkan Omset dengan Iklan

Untuk UMKM yang ingin meningkatkan layanan pelanggan dan menjaga loyalitas pelanggan, OCA Interaction Lite dapat menjadi solusi tepat guna dan efisien.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img