UMKM Binaan PERTAMINA Ramaikan WOW Indonesia Festival 2024 di Amerika Serikat

Tangerang, 26 Agustus 2024 — WOW Indonesia Festival 2024 di Washington, D.C., merayakan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat dengan menampilkan kekayaan budaya Indonesia dalam satu hari penuh. Acara ini menghadirkan parade budaya, pertunjukan seni, dan berbagai aktivitas interaktif seperti workshop batik dan melukis topeng. Festival ini juga menjadi ajang promosi bagi UMKM dari kedua negara, memperkenalkan produk-produk unggulan mereka kepada publik internasional. Berlokasi di Pennsylvania Avenue NW, festival ini menjadi simbol persahabatan dan kolaborasi yang erat antara Indonesia dan Amerika Serikat​

Festival ini dibuka secara resmi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, yang didampingi oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gendang bersama, yang menambah semarak acara tersebut. WOW Indonesia Festival 2024 menjadi ajang yang meriah, menarik perhatian warga Washington DC dan para pengunjung dari berbagai negara.

Baca Juga: SesKemenKopUKM Selenggarakan Literasi Keuangan bagi ASN untuk Pengelolaan Penghasilan Produktif

Dalam festival ini, salah satunya Pertamina memanfaatkan kesempatan untuk memamerkan berbagai program keberlanjutan yang sedang dijalankan, seperti inisiatif Desa Energi Berdikari dan upaya mencapai karbon netral atau net zero emission (NZE) dari sektor energi. Program-program ini menunjukkan komitmen Pertamina dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan, terutama di bidang energi baru dan terbarukan.

Selain program keberlanjutan, Pertamina juga memperkenalkan berbagai produk unggulan dari UMKM binaannya. Produk-produk tersebut mencakup berbagai kategori, seperti fashion, kerajinan tangan, aksesoris, perhiasan, dan produk kecantikan. Beberapa brand yang ditampilkan di antaranya adalah Cap Bali, Persona Handicraft, Sripala, Git Bay, dan Bali Ayu. Kehadiran produk-produk ini di festival menjadi peluang besar bagi UMKM Indonesia untuk menjangkau pasar ekspor di Amerika Serikat.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina, menyatakan bahwa WOW Indonesia Festival 2024 merupakan kesempatan yang sangat baik bagi UMKM binaan Pertamina untuk membuka akses pasar ekspor ke Amerika Serikat. Ia juga menambahkan bahwa sejak tahun 1993, Pertamina telah aktif mendampingi UMKM dalam negeri melalui berbagai program pendanaan dan pendampingan untuk memperluas pasar, baik di dalam maupun luar negeri.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi turut mengapresiasi partisipasi Pertamina dalam festival ini, khususnya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk merambah pasar internasional. “Semoga ke depan lebih banyak lagi UMKM yang dibawa Pertamina untuk pameran ke event-event internasional seperti ini,” ujar Retno saat mengunjungi booth Pertamina.

Selain partisipasi dalam festival, Pertamina juga menghadiri forum bisnis yang diselenggarakan pada Senin, 26 Agustus 2024, di Washington DC. Dalam forum ini, CEO Pertamina New Renewable Energy, John Anis, memaparkan capaian Pertamina di bidang energi baru dan terbarukan serta peluang kolaborasi dengan mitra bisnis internasional. Fadjar Djoko Santoso menambahkan bahwa tujuan partisipasi Pertamina dalam forum bisnis ini adalah untuk mendorong kerja sama dan penjajakan peluang kolaborasi dengan mitra-mitra bisnis global di bidang energi terbarukan.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img