Luncurkan TEI ke-39 Sebagai Sarana Bangun Ekonomi Indonesia

Jakarta, 31 Mei 2024 – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan resmi luncurkan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta pada Jumat, 31 Mei 2024. Pameran ini akan berlangsung pada 9-12 Oktober 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten.

Baca juga: PUSKOPCUINA Menyatukan Credit Union Menuju Ekspansi Bisnis di Indonesia

Mendag Zulkifli Hasan mengajak seluruh instansi pemerintah, pelaku usaha, dan pemangku kepentingan untuk mendukung dan menyukseskan TEI 2024. Pameran ini menjadi wadah pertemuan para pelaku usaha dengan buyer dan stakeholder dari seluruh dunia untuk melakukan transaksi perdagangan dan investasi serta membangun ekonomi Indonesia.

“Tahun lalu, kita mencatatkan potensi transaksi sebesar USD 30,5 miliar di TEI ke-38. Untuk tahun ini, diharapkan bisa mencapai transaksi yang lebih baik. Kunci untuk meningkatkan ekspor adalah kolaborasi dan kerja sama. Terima kasih atas dukungan dan kerja sama semua pihak,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I 2024 tercatat sebesar 5,11% (yoy), meningkat 1,38% dibandingkan triwulan I 2023. Selain itu, surplus neraca perdagangan tahun 2023 mencapai USD 36,91 miliar, dengan tren surplus yang terus terjaga selama 48 bulan berturut-turut sejak Mei 2020. Neraca perdagangan Indonesia pada April 2024 kembali mencatatkan surplus sebesar USD 3,56 miliar.

TEI ke-39 mengangkat tema “Build Strong Connection with The Best of Indonesia” dan diharapkan diikuti oleh sekitar 1.000 exhibitors serta dihadiri 30.000 visitors. Zona pameran meliputi Food, Beverage & Agriculture products, Manufacture products, serta Home Living, Fashion, and Services.

Selain pameran, kegiatan pendukung lainnya seperti penjajakan kesepakatan bisnis, konsultasi bisnis oleh Perwakilan Dagang RI di luar negeri, seminar internasional, dan dialog bisnis dengan para Duta Besar negara sahabat juga akan digelar. Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) juga akan dilaksanakan pada 9-12 Oktober 2024, menampilkan ekshibisi produk fesyen, kosmetik, dan aksesori.

Peluncuran TEI 2024 juga dihadiri oleh Wakil Menteri Perdagangan, Plt. Sekretaris Jenderal, dan beberapa pejabat penting lainnya serta perwakilan dari PT Debindo Multi Adhiwasti, Bank Mandiri, dan KADIN.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img