RESMI!!! TikTok Shop di Buka Kembali di Indonesia dengan Kemitraan Strategis bersama Tokopedia

Jakarta, 11 Desember 2023, RESMI!!! TikTok Shop buka setelah berhenti beroperasi sejak 4 Oktober 2023, TikTok Shop resmi membuka kembali layanannya di Indonesia. Kabar baik ini datang bersamaan dengan pengumuman kemitraan strategis dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, yang secara signifikan akan mengubah lanskap belanja online di tanah air. Dilansir dari Antara, TikTok Shop dan Tokopedia akan bersatu di bawah payung Tokopedia, dengan TikTok mengambil alih pengendalian penuh terhadap platform ini.

Kemitraan ini juga melibatkan investasi besar dari TikTok, dengan dana lebih dari 1,5 miliar Dolar AS atau sekitar Rp23,4 triliun, sebagai komitmen jangka panjang. Investasi ini diarahkan untuk mendukung operasional Tokopedia dan memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Penting untuk dicatat bahwa investasi ini tidak akan berdampak pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Baca Juga : GeTI Incubator, Prakerja, dan Gojek Bersatu dalam Pelatihan Marketplace untuk Peningkatan Pendapatan Driver

Langkah ini diambil dengan harapan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi pengguna dan pelaku UMKM di Indonesia. RESMI!!! TikTok Shop Buka, dalam pengelolaan Tokopedia, akan fokus pada pemberdayaan dan perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional. Tokopedia, dengan dukungan TikTok, berencana untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang lebih baik dan memberikan keuntungan bagi Grup GoTo, terutama melalui layanan keuangan digital dari GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

Uji coba kemitraan ini akan dimulai pada 12 Desember 2023, dengan peluncuran kampanye “Beli Lokal” di aplikasi Tokopedia dan TikTok. Kampanye ini, yang bertepatan dengan Hari Belanja Nasional, akan mempromosikan berbagai jenis pedagang dengan fokus utama pada produk asli Indonesia.

Komitmen untuk mendukung UMKM di Indonesia sangat terlihat dalam program-program dari TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo, RESMI!!! TikTok Shop Buka. Dukungan mencakup promosi produk, huluisasi UMKM untuk peningkatan kapasitas dan kompetensi, pemasaran, promosi produk hingga pasar internasional, pembukaan pusat pengembangan talenta digital, dan memastikan lokapasar yang mendukung persaingan yang adil.

Transaksi ini dijadwalkan akan selesai pada kuartal pertama 2024, dan kesepakatan tersebut sejalan dengan upaya Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan strategi perluasan cakupan pasar mereka. Dengan lebih dari 90 persen pedagang di platform ini adalah pelaku UMKM, harapannya adalah bahwa penggabungan TikTok Shop dan Tokopedia akan menciptakan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang, meningkatkan daya saing UMKM Indonesia secara keseluruhan.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img