Sunoko Membantu Pengusaha UMKM di Bidang Konveksi

getimedia.id – Jakarta, Sunoko Membantu Pengusaha UMKM di Bidang Konveksi Sunoko mengambil keputusan berani dengan berhenti bekerja sebagai buruh pabrik di Karangjati, Bergas, Kabupaten Semarang. Tiga belas tahun yang lalu, setelah keluar dari pabrik tersebut, dia segera mengembangkan bisnis kain dengan merek NK di Gogik, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Inisial NK berasal dari nama panggilannya, Noko. Meskipun perjalanan bisnisnya penuh dengan rintangan, saat ini bisnis kain NK telah mencapai kesuksesan yang gemilang. Banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah mengenalinya.

Baca Juga: Mendukung Perajin Lokal Indonesia Melalui Yayasan Darius Tobing

Sunoko Membantu Pengusaha UMKM di Bidang Konveksi Bahkan, sejumlah artis dan model dari ibu kota tertarik dengan usaha Sunoko yang kini telah menyerap tenaga kerja sebanyak 25 perempuan di sekitar rumahnya. Kain NK dikenal sebagai bahan yang kompetitif untuk pakaian bermerk ternama dengan harga terjangkau dan kualitas yang memukau.

Sunoko memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan pabrik demi meningkatkan kesejahteraan keluarganya, meskipun keputusan ini bukan keputusan yang mudah baginya. Dia menggunakan tabungan berupa sapi dan perhiasan sebagai modal awal untuk bisnisnya. Namun, setelah modalnya habis dan belum mendapatkan keuntungan, Sunoko merasa putus asa.

Bersama sang istri yang sangat mendukungnya, Sunoko mencari tahu penyebab kegagalan bisnisnya. Setelah melalui banyak perjuangan, Sunoko menemukan produsen kain dengan harga yang terjangkau. Dia kemudian mendapat pesanan dari perusahaan garmen dan menjual produknya dengan harga yang wajar kepada pelaku UMKM, yang membuatnya akhirnya meraih keuntungan.

Dalam perjalanan bisnisnya, Sunoko juga mengambil pinjaman modal dari lembaga perbankan. Saat ini, dia telah berhasil membeli tanah dan memiliki beberapa gudang serta toko di rumahnya. Bahkan, toko kain NK yang ia miliki menjadi pilihan para artis terkenal seperti Oka Sugawa, pemeran ”Lupus”, dan para model untuk mendapatkan bahan kain branded bagi merek-merek ternama. 

Sunoko merasa bahagia karena bisa memberikan dukungan kepada pelaku usaha pakaian jadi yang bertahan meski dihadapkan dengan tantangan dari pandemi Covid-19 dan perkembangan teknologi seperti Tik-Tok Shop.

Menurutnya, dampak dari Tik-Tok Shop terasa lebih berat bagi pelaku UMKM dibandingkan dengan dampak dari pandemi Covid-19.

Sumber : getimedia.id

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img