Tangerang, 26 November 2025 – PT Pertamina (Persero) secara resmi membuka Pameran UMKM Nasional Pertamina SMEXPO 2025 yang menghadirkan 51 UMKM binaan dari berbagai daerah di Indonesia. Ajang UMKM nasional ini berlangsung pada 25–30 November 2025 di Mall Bintaro Jaya Xchange II, Tangerang Selatan, sebagai bentuk komitmen Pertamina dalam mendorong pemberdayaan dan peningkatan daya saing UMKM lokal.
Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman mengapresiasi konsistensi Pertamina dalam mendukung pengembangan UMKM melalui penyelenggaraan SMEXPO sejak tahun 2020. Menurutnya, kolaborasi yang dibangun antara pemerintah, korporasi besar, dan pelaku UMKM terbukti memperkuat fondasi ekonomi nasional.
Baca juga: Pelatihan IoT Perkuat Kompetensi SDM Menuju Industri 4.0
“Pertamina menjadi salah satu BUMN yang berkomitmen penuh memberdayakan UMKM. Program seperti SMEXPO membuat produk lokal semakin vokal di kancah global,” ujar Maman Abdurrahman saat pembukaan pameran, Selasa (25/11/2025).
Direktur Utama Pertamina, Simon Aloysius Mantiri, menyampaikan bahwa UMKM memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia, yakni lebih dari 60% terhadap PDB nasional dan menyerap hingga 97% tenaga kerja. Karena itu, Pertamina menempatkan pembinaan UMKM sebagai bagian penting dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).
Hingga saat ini, tercatat 66.182 UMKM telah menjadi binaan Pertamina sejak 1993, dengan lebih dari 32 ribu masih aktif. Program Pertamina SMEXPO, yang pertama kali diinisiasi saat masa pandemi, kini berkembang menjadi wadah untuk meningkatkan omset, memperluas pasar, serta mempertemukan UMKM dengan potensial buyer dari dalam dan luar negeri.
Tahun ini, SMEXPO kembali mengusung tagline “Lokal Jadi Vokal”, menghadirkan ragam produk lokal seperti kriya, perhiasan, kuliner, camilan, dan busana etnik. Pameran ini juga memperkenalkan program baru Pertamina, yaitu UMIMAX, program pembinaan untuk usaha ultra mikro melalui bantuan peralatan produksi dan pendampingan usaha.
Pertamina SMEXPO 2025 tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga menghadirkan beragam kegiatan edukatif seperti talkshow dan workshop dengan menghadirkan para pakar, termasuk Angga Prabas, Konsultan UMKM dan Brand Nasional; Akhmad Sobari Akbar, Certified Trainer TikTok Shop; Nadia Harsya, Certified Financial Expert; serta para founder UMKM unggulan nasional.
Selama enam hari penyelenggaraan, masyarakat dapat menikmati ratusan produk unggulan UMKM, promosi menarik, dan berbagai aktivitas seru. Bagi pengunjung yang tidak dapat hadir langsung, Pertamina menyediakan akses pembelian produk melalui marketplace digital smexpo.pertamina.com atau aplikasi Pertamina SMEXPO yang tersedia di PlayStore.
Baca juga: Kolaborasi KemenUMKM dan KADIN Kalbar Dorong UMKM Tembus Ekspor
Acara pembukaan juga dihadiri sejumlah pejabat, termasuk Asdep TJSL BP BUMN Edi Eko Cahyono, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian UMKM Siti Azizah, Staf Ahli Menteri UMKM Sudaryano, dan Asdep Ekosistem Bisnis Wirausaha Christina Agustin.
Sepanjang tahun 2025, Pertamina telah menyelenggarakan 8 rangkaian SMEXPO di berbagai kota, melibatkan lebih dari 250 UMKM. Program ini sekaligus mendukung Asta Cita Pemerintahan Prabowo–Gibran, khususnya penguatan lapangan kerja, kewirausahaan, dan industri kreatif nasional.


