Tangerang, 18 Juni 2025 — Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerja sama dengan TikTok Shop dan Tokopedia mengadakan workshop khusus bagi perempuan pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Workshop yang digelar di Jakarta pada Selasa (17/6) ini bertujuan membantu para pelaku UMKM perempuan memanfaatkan teknologi digital guna memperluas pasar hingga tingkat global.
Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Sosial Kadin Indonesia, Dyah Anita Prihapsari, menyampaikan bahwa salah satu tantangan terbesar perempuan pengusaha adalah kesenjangan dalam penggunaan teknologi digital. Padahal, di era modern saat ini, teknologi menjadi kunci utama untuk memperluas jangkauan produk, baik di pasar lokal maupun internasional. Workshop Digital Kadin, TikTok Shop, dan Tokopedia Bantu Perempuan Pengusaha Perluas Pasar UMKM.
Baca juga: Strategi UKM Hadapi Persaingan di Era Ekonomi Digital
“Hari ini kita kerja sama dengan TikTok Shop dan Tokopedia mengadakan pelatihan cara cepat memperluas jangkauan pasar produk kita. Masalah dari perempuan pengusaha itu masih soal teknologi, padahal kita sudah memasuki era teknologi kekinian yang memperluas pasar, tidak hanya lokal tapi juga global,” jelas Dyah.
Kadin Indonesia berkomitmen untuk terus membina dan memantau perkembangan perempuan pengusaha agar mampu naik kelas, lebih tangguh, dan siap bersaing di pasar global. Pelatihan ini menjadi bagian dari sejumlah program prioritas Kadin yang mendukung pemberdayaan ekonomi, termasuk program Makan Bergizi Gratis Gotong Royong dan Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis (PKG) Gotong Royong.
“Kadin memfasilitasi bagaimana supaya pengusaha bisa lebih maju dan tangguh lagi. Kita juga upayakan agar bisa roadshow ke seluruh Indonesia, sampai ke pelosok, supaya perempuan bisa lebih maju lagi,” tambah Dyah.
Senada dengan itu, Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kadin Indonesia, Tatyana Sutara, menegaskan bahwa workshop ini merupakan bentuk nyata dukungan Kadin terhadap visi pemerintahan Presiden Prabowo Subianto, khususnya program Astacita yang menekankan pentingnya kesetaraan gender.
Baca juga: Manfaat Ekonomi Digital untuk UKM: Dari Promosi Sampai Penjualan
“Kita melakukan pemberdayaan ekonomi perempuan dengan membuka akses pemasaran di tengah situasi ekonomi yang belum membaik,” ujar Tatyana.
Tatyana berharap kolaborasi seperti ini tidak berhenti pada satu kali pelatihan, melainkan terus berlanjut dengan melibatkan lebih banyak mitra strategis untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan pengusaha di seluruh Indonesia.