TikTok dan Tokopedia Dipanggil Menteri UMKM, Soal Keluhan Penjual Seller Center

Tangerang, 09 Mei 2025 — Menteri Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Maman Abdurrahman, berencana memanggil pihak TikTok dan Tokopedia menyusul keluhan dari para penjual terkait proses integrasi platform ke Seller Center yang dinilai merepotkan dan kurang ramah pengguna. 

Diketahui, Tokopedia telah menetapkan batas waktu integrasi bagi para penjual ke dalam Seller Center paling lambat 9 Juni 2025. Namun, sejumlah pelaku UMKM mengeluhkan bahwa proses integrasi tersebut cukup rumit dan berpotensi berdampak negatif terhadap pendapatan mereka. TikTok dan Tokopedia Dipanggil Menteri UMKM, Soal Keluhan Penjual Seller Center.

Baca juga: Empat Perusahaan Tambang Nikel di Raja Ampat Diduga Langgar Kaidah Lingkungan

“Para pedagang merasa platform ini tidak user friendly sehingga dapat menimbulkan kesulitan dalam mengelola dagangan mereka,” kata Maman dalam keterangannya, Rabu (tanggal).

Maman menegaskan bahwa pemerintah melalui Kementerian UMKM sangat memperhatikan dampak dari praktik korporasi antara aplikator dan penjual mikro. “Jangan sampai praktik korporasi ini memiliki dampak negatif terhadap pengusaha mikro kita. Yang terpenting adalah perlindungan dan kesempatan seluas-luasnya bagi usaha mikro dan produk lokal,” ujarnya.

Menurut Maman, pemanggilan manajemen TikTok Shop dan Tokopedia akan dilakukan sebagai bagian dari fungsi pengawasan, monitoring, dan evaluasi kementerian. Pemanggilan tersebut bertujuan untuk mencari solusi agar integrasi berjalan lancar tanpa merugikan para pelaku UMKM.

“Apabila ada isu hukum terkait, kami juga akan melibatkan instansi terkait untuk memfasilitasi penyelesaian masalah tersebut,” jelasnya.

Baca juga: Panas Bumi Siap Dorong Ekonomi Hijau dan Energi Bersih

Hingga saat ini, kementerian belum menerima pengaduan resmi terkait penurunan pendapatan akibat integrasi ini, namun pihaknya tetap akan memantau dan menindaklanjuti setiap laporan yang masuk.

Pemerintah berharap agar platform e-commerce besar dapat memberikan kemudahan dan dukungan maksimal bagi pelaku usaha mikro dan kecil agar mereka dapat terus berkembang di tengah pesatnya digitalisasi perdagangan.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img