LinkUMKM BRI Jembatani UMKM dengan Pelatihan dan Pasar

Tangerang, 16 Mei 2025 – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam pemberdayaan dan pendampingan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Salah satu bentuk nyata dukungan tersebut adalah melalui platform digital LinkUMKM yang dapat diakses di linkumkm.id.

Platform linkumkm.id hadir sebagai ekosistem digital yang mendukung UMKM dari berbagai aspek, mulai dari pelatihan, pendampingan, hingga pemasaran produk. Salah satu fitur andalannya adalah UMKM Smart, yang menyediakan modul pelatihan berbasis kebutuhan usaha. Modul-modul ini dikembangkan oleh para ahli dan tersedia dalam bentuk video, artikel, hingga infografis yang bisa diakses kapan saja.

Baca juga: IAIN dan BI Kalteng Bantu UMKM Dapat Sertifikat Halal

Platform ini menghadirkan berbagai fitur unggulan seperti UMKM Smart, Rumah BUMN, Media, Komunitas, hingga Etalase Digital yang dirancang khusus untuk membantu pelaku UMKM dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya. Fitur UMKM Smart, misalnya, menyediakan modul-modul pelatihan dari para ahli yang dikemas secara praktis dan aplikatif dalam berbagai format, mulai dari video, artikel, hingga infografis.

Salah satu pelaku UMKM yang sukses memanfaatkan LinkUMKM adalah Ilma Inaroh Azizah, pengusaha minuman segar herbal asal Serang, Banten. Berawal dari hobinya mengonsumsi minuman sehat berbasis bunga telang, Ilma yang juga berprofesi sebagai guru kimia mulai merintis usaha pada 2019. Di tengah pandemi COVID-19, ia melihat peluang besar dan akhirnya membangun merek “Sesegeritu” dengan berbagai varian minuman seperti Lemon Sereh Selasih, Rosella Sereh, dan Kurma Latte.

“Dengan adanya LinkUMKM, saya bisa tahu bagian mana dari usaha saya yang masih perlu ditingkatkan, berkat fitur self-assessment dan modul pelatihan dari UMKM Smart,” ungkap Ilma.

Ilma bahkan berhasil memperluas bisnisnya melalui penjualan langsung menggunakan gerobak listrik dan inovasi produk dengan branding yang kekinian. Setelah mengalami tantangan pada 2022, ia memutuskan untuk bergabung dengan Rumah BUMN di Kota Serang. Dari sanalah ia diperkenalkan dengan LinkUMKM dan mulai memperdalam ilmu pemasaran, kemasan, serta manajemen usaha.

Baca juga: Pemkot Tangerang Siapkan 3 Gelombang Pelatihan UMKM Sepanjang Mei 2025

Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menyatakan bahwa LinkUMKM merupakan inisiatif nyata dari BRI dalam menciptakan ekosistem UMKM yang inklusif dan berkelanjutan. “Platform ini tidak hanya menjembatani pelaku usaha dengan pembeli, tapi juga menjadi ruang kolaborasi untuk pengembangan usaha,” jelasnya.

Hingga kini, lebih dari 11 juta pengguna telah memanfaatkan platform linkumkm.id untuk memperluas pasar, mengakses pembiayaan, serta memperoleh pelatihan usaha. Keberhasilan Ilma menjadi bukti nyata bahwa dengan strategi digital yang tepat, UMKM bisa naik kelas dan berkembang secara berkelanjutan.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img