Tangerang, 09 Januari 2025 – PT Semen Indonesia (SIG), salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, memberikan apresiasi kepada mitra-mitranya yang telah berperan aktif dalam mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis perseroan, khususnya dalam memasarkan produk semen hijau yang ramah lingkungan. Hal ini disampaikan dalam acara Retail Gathering yang digelar di Jawa Timur, Kamis (9/1).
Direktur Bisnis dan Pemasaran SIG, Subhan, mengungkapkan, “Sebagai mitra strategis, para pelanggan telah memainkan peran luar biasa dalam membawa produk unggulan SIG, seperti Semen Gresik dan Dynamix, lebih dekat dengan masyarakat Indonesia.” Dia juga menekankan bahwa SIG, sebagai perusahaan BUMN, berkomitmen untuk menjamin kualitas produk terbaik yang dapat dirasakan oleh semua kalangan, mulai dari proyek kecil hingga pembangunan infrastruktur nasional.
Baca juga: Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Digitalisasi
Dalam kondisi pasar yang semakin kompetitif, SIG tetap mampu menunjukkan kinerja yang positif berkat pengelolaan pasar yang cermat dan pemanfaatan produk-produk unggulan yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah produk semen hijau SIG yang semakin diminati konsumen berkat kualitas dan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan.
Semen Hijau SIG: Pilihan Utama untuk Pembangunan Berkelanjutan
Salah satu mitra SIG yang diunggulkan dalam acara tersebut adalah Novitasari, pemilik Toko Bangunan Agung Jaya di Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Novitasari mengaku telah menjadikan produk semen hijau SIG sebagai pilihan utama untuk usaha distribusinya. Menurutnya, semen hijau SIG sudah dikenal luas karena kualitasnya yang terjamin dan ramah lingkungan, yang membuatnya sangat diminati konsumen. “Kami bisa menerima 200 sak semen per hari, bahkan jika pasar sedang ramai, jumlahnya bisa dua kali lipat. Dari sisi omzet, kami mendapatkan rata-rata Rp10 juta – Rp12 juta per hari,” kata Novitasari.
Baca juga: Mahasiswa Universitas Pekalongan Bantu “The Parfume” Naik Kelas Digital
Pencapaian SIG di Jawa Timur
SIG juga menunjukkan pencapaian signifikan di Jawa Timur. Pada periode Januari hingga November 2024, SIG berhasil mencatatkan penjualan produk-produk semen sebanyak 3,14 juta ton di kawasan ini. Bahkan, SIG berhasil menguasai pangsa pasar Jawa Timur sebesar 60,5 persen pada November 2024, meningkat sebesar 0,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar 59,6 persen. Subhan menambahkan, Jawa Timur merupakan salah satu pangsa pasar terbesar bagi SIG, berkontribusi hampir 20 persen dari total penjualan dan pendapatan SIG.
Tumbuh Bersama untuk Masa Depan Berkelanjutan
Subhan juga menekankan bahwa keberhasilan SIG di 2024 bukan hanya soal pencapaian angka penjualan, namun lebih kepada bagaimana perusahaan tumbuh bersama dengan mitra dan pelanggan untuk masa depan yang berkelanjutan. “Keberhasilan tahun ini bukan hanya tentang pencapaian, tetapi juga tentang bagaimana kita tumbuh bersama untuk masa depan yang berkelanjutan,” ujar Subhan.
Melalui kerja sama yang erat antara SIG dan mitra strategisnya, perusahaan ini semakin kokoh dalam mendorong pasar semen hijau di Indonesia, sekaligus berkomitmen pada pelestarian lingkungan dan pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan.