Tangerang, 17 Desember 2024 – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dyah Roro Esti Widya Putri mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin mencintai dan membeli produk lokal sebagai wujud kebanggaan terhadap kekayaan budaya dan inovasi yang dimiliki tanah air. Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers bertajuk “Belanja di Indonesia Aja (BINA) Diskon 2024” yang diadakan di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (16/12).
Dalam acara tersebut, Wamendag Roro didampingi oleh Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (Ditjen PDN) Krisna Ariza dan Direktur Bina Usaha Perdagangan Septo Soepriyatno. Ia menegaskan bahwa setiap produk lokal mencerminkan kreativitas dan kerja keras bangsa Indonesia.
Baca juga: Peran Perda UMKM untuk Mendukung Pelaku Usaha
“Membeli produk lokal adalah wujud kebanggaan pada kekayaan budaya Indonesia. Setiap produk yang dihasilkan di tanah air mencerminkan kreativitas dan kerja keras yang menjadi ciri khas bangsa ini. Dengan memilih produk lokal, kita merayakan keunikan Indonesia sekaligus menghormati upaya para pelaku usaha lokal,” ujar Wamendag Roro.
Wamendag menambahkan bahwa memilih produk lokal bukan sekadar preferensi konsumsi, tetapi juga kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan penguatan komunitas. Selain itu, langkah ini membantu memperkuat industri dalam negeri, mendorong perdagangan yang adil, dan menjaga keberlanjutan ekonomi Indonesia di panggung global.
Momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 juga menjadi perhatian Wamendag Roro. Ia berharap perayaan Nataru menjadi momen kebangkitan ekonomi Indonesia.
“Tahun 2024 penuh tantangan dan peluang. Meski Indonesia telah menghadapi berbagai dinamika ekonomi, kita mampu bangkit dengan kerja keras dan sinergi antara pemerintah, asosiasi, pelaku usaha, dan masyarakat. Kementerian Perdagangan akan terus mendukung kebijakan yang berpihak pada pengembangan usaha ritel dan menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.
Program “BINA Diskon 2024” diharapkan menjadi salah satu langkah strategis dalam mendukung pelaku usaha lokal dan mendorong masyarakat untuk semakin mencintai produk-produk dalam negeri. Dengan semangat kebersamaan, pemerintah optimis bahwa ekonomi Indonesia akan terus tumbuh dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat.
Baca juga: Skor Kredit Buruk? Ini Cara Cepat Memperbaikinya di SLIK OJK!
Dengan kampanye ini, Wamendag Roro mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan belanja produk lokal sebagai gaya hidup, demi masa depan ekonomi Indonesia yang lebih kuat dan berkelanjutan.