Harbolnas 1212 Wujudkan UMKM Go Digital

Tangerang, 13 Desember 2024 – Menteri Perdagangan Budi Santoso turut ambil bagian dalam promosi produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui acara live shopping yang berlangsung di kantor Shopee, Jakarta, pada Kamis (12/12). Kehadirannya dalam acara ini merupakan bentuk dukungan penuh terhadap Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 yang dirayakan serentak di berbagai platform e-commerce di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Mendag Budi Santoso menyampaikan pentingnya dukungan pemerintah untuk membantu UMKM berkembang, baik dari segi kualitas produk maupun akses pasar yang lebih luas. “Mari kita beradaptasi, mari kita berinovasi. Kualitas harus terus kita tingkatkan. Hari ini Harbolnas, semua check out hari ini. Barang-barang kita harus digunakan oleh konsumen kita. Pasar kita besar, inilah kesempatan untuk para UMKM mengisi pasar yang besar di dalam negeri,” ujar Mendag Budi.

Baca juga: Modal Usaha Murah? BPR BKK Ungaran Punya Solusinya!

Salah satu produk yang dipromosikan Mendag Budi adalah abaya dan kerudung set dari jenama lokal Sayra, yang dijual dengan harga sekitar Rp160 ribuan. Ia terkesan dengan kualitas produk tersebut. Selain itu, Mendag juga menawarkan sweater rajutan pria dari jenama Kevas Co. yang dibanderol sekitar Rp200 ribuan. “Murah sekali. Kalau dibawa ke Jepang dan dijual di sana, pasti mahal sekali. Teman-teman yang mau bepergian ke negara dingin, beli di Indonesia, pakainya di sana,” tambahnya.

Mendag menegaskan pentingnya menguasai pasar dalam negeri dengan produk lokal. “Kolaborasi antara pemerintah, pelaku UMKM, platform e-commerce, dan pihak lainnya sangat penting agar pasar dalam negeri tetap diisi oleh produk-produk lokal,” ujar Budi Santoso.

Selain berpartisipasi dalam live shopping, Mendag juga mengunjungi Kampus UMKM Shopee untuk bertemu para peserta pelatihan UMKM. Dalam kunjungannya, ia memaparkan tiga program utama Kementerian Perdagangan: Perlindungan Pasar Dalam Negeri, Perluasan Pasar Ekspor, dan UMKM BISA Ekspor.

Ia mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan perwakilan perdagangan RI di luar negeri guna membuka peluang ekspor. “Jangan sampai kita punya produk tetapi tidak bisa berjualan di negeri sendiri padahal pasarnya besar. Selamat belajar, semoga produk-produknya cepat laku. Kemendag akan bantu promosi jualannya,” ucapnya.

Baca juga: Afiliator TikTok: Cuan Miliaran Meski Sambil Main dengan Anak

Dengan adanya Harbolnas 12.12, Mendag berharap UMKM semakin memanfaatkan platform digital untuk beradaptasi dan bersaing, sekaligus memperluas jangkauan pasar mereka baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img