66 Juta UMKM, Telkom Percepat Transformasi Digital

Tangerang, 20 November 2024 – Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tetap menjadi penopang utama perekonomian Indonesia, dengan 99% unit usaha di Tanah Air berasal dari pelaku usaha mikro. Pada 2023, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 66 juta. Mengingat dominasi tersebut, digitalisasi menjadi langkah strategis untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing sektor ini. Telkom percepat transformasi digital.

Dalam Road to CNBC Indonesia Awards 2024 kategori Best Telco, Digital, & Venture Capital, OVP Enterprise Regional Management PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), Reni Yustiani, menjelaskan bahwa digitalisasi UMKM melalui pemanfaatan teknologi dapat mendukung berbagai aktivitas bisnis, mulai dari manajemen hingga operasional. “Digitalisasi penting untuk meningkatkan produktivitas UKM, memperluas akses pasar, membuat operasional lebih efektif dan efisien, serta memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik,” ujar Reni.

Baca juga: Strategi Baru Pemerintah untuk UMKM: Akses Modal dan Digitalisasi

Indibiz: Solusi Transformasi Digital untuk Akselerasi UMKM

Sebagai bagian dari upaya mendorong transformasi digital, Telkom Indonesia menghadirkan Indibiz, sebuah platform marketplace yang dirancang khusus untuk pelanggan UMKM. Indibiz menyediakan solusi digital bagi UMKM di 11 ekosistem, mulai dari Aceh hingga Papua. Melalui platform ini, pelaku usaha dapat mengakses berbagai layanan yang mendukung akselerasi bisnis mereka, seperti manajemen inventori, solusi pembayaran digital, hingga pemasaran berbasis data.

Baca juga: 50 Ribu Warung Sudah Digital, Target MotionPay 100 Ribu!

Platform ini dirancang untuk membantu UMKM memanfaatkan teknologi guna meningkatkan efisiensi operasional dan mempercepat pertumbuhan bisnis. Langkah ini sejalan dengan tujuan Telkom Indonesia untuk memberdayakan UMKM dan mendorong mereka naik kelas melalui pemanfaatan teknologi digital.

Mendorong UMKM Jadi Pilar Ekonomi Digital

Digitalisasi bukan hanya soal teknologi, tetapi juga strategi untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar domestik dan global. Dengan inisiatif seperti Indibiz, Telkom Indonesia berharap dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan ekonomi lokal, sekaligus memperkuat posisi Indonesia di tengah era ekonomi digital.

Untuk informasi lebih lanjut tentang peran Telkom Indonesia dalam mendukung transformasi digital UMKM, saksikan wawancara lengkap Safrina Nasution dengan Reni Yustiani di CNBC Indonesia pada Rabu, 20 November 2024.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img