Tangerang, 11 November 2024 – Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendorong penguatan kemitraan strategis antara usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya toko kelontong tradisional, dengan pelaku usaha grosir ritel modern. Hal ini disampaikan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso dalam acara Indogrosir Gathering 2024: Wonderful Indogrosir di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada Minggu (10/11).
Menurut Mendag Budi, toko kelontong tradisional merupakan salah satu sektor UMKM yang paling nyata memberikan kontribusi terhadap perekonomian rakyat. “UMKM, khususnya toko kelontong tradisional, memiliki jumlah yang sangat besar, mencapai 90 persen dari sektor ritel di Indonesia. Mereka juga mampu menyerap hingga 97 persen tenaga kerja di tanah air,” ujarnya. Oleh karena itu, kemitraan yang saling menguntungkan antara pelaku usaha besar dan UMKM diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan ekonomi nasional.
Baca juga: Kemenperin Gelar Startup4Industry Investment Summit 2024
Berdasarkan data Euromonitor pada 2022, toko kelontong tradisional menjadi jenis ritel yang paling banyak jumlahnya di Indonesia, dengan total mencapai 3,94 juta toko atau sekitar 98,78 persen dari seluruh ritel di Indonesia. Hal ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki sektor ini untuk tumbuh lebih lanjut, khususnya melalui kemitraan dengan pelaku usaha besar.
Mendag Budi menekankan pentingnya memperluas cakupan kemitraan tersebut, tidak hanya dalam hal penyediaan pasokan barang, tetapi juga dalam bentuk pelatihan-pelatihan terkait manajemen ritel yang baik bagi UMKM. Ia juga mengimbau agar pelaku usaha besar bekerja sama dengan UMKM produksi agar sektor produksi dalam negeri dapat berkembang seiring dengan pertumbuhan distribusi.
Indogrosir, yang merupakan jaringan pusat perkulakan dengan format distribusi ke pedagang ritel tradisional dan modern, menjadi contoh kemitraan yang baik dengan UMKM. Mendag Budi memberikan apresiasi kepada Indogrosir atas perannya dalam membangun kemitraan strategis dengan UMKM dan berharap kemitraan ini dapat berkontribusi lebih besar lagi pada perekonomian Indonesia.
Dalam acara Indogrosir Gathering 2024, turut hadir berbagai tokoh penting, seperti Direktur Koordinator Grup Indomaret Wiwiek Yusuf, Eksekutif Direktur Indogrosir Anton Prasetyo, serta pelaku UMKM dan penyuplai Indogrosir. Acara ini juga dihadiri oleh sekitar 7.000 UMKM dari berbagai wilayah, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, dan diisi dengan kegiatan menarik seperti undian berhadiah, hiburan, dan bazar.
Baca juga: Kolaborasi YouTube dan Shopee, Cara Baru UMKM Jangkau Pasar
Dengan adanya kemitraan yang terus berkembang antara pelaku usaha besar dan UMKM, Kemendag optimis bahwa Indonesia dapat mencapai cita-cita untuk menjadi negara maju pada 2045.