Kriyanusa 2024: Pameran Perajin Muda dalam Melestarikan Warisan Budaya

Jakarta, 28 Agustus 2024 – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menggelar pameran bergengsi Kriyanusa 2024 yang tahun ini mengusung tema “Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya.” Pameran yang berlangsung di Hall A dan B Jakarta Convention Center ini akan berlangsung dari tanggal 28 Agustus hingga 1 September 2024, menjadi ajang bagi para perajin muda Indonesia untuk mempersembahkan karya-karya yang menghidupkan kembali kekayaan budaya Nusantara.

Pameran ini diikuti oleh 420 stan kriya, dengan 30% di antaranya diisi oleh perajin muda, serta 24 stan kuliner yang turut meramaikan acara. Kriyanusa 2024 dibuka oleh Ketua Umum Dekranas, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin. Sejak berdiri pada 3 Maret 1980, Dekranas telah menjadi pionir dalam memajukan industri kerajinan nasional dan memperkuat posisinya sebagai elemen penting dalam ekonomi kreatif serta pelestarian tradisi budaya di Indonesia.

Ketua Pameran Kriyanusa 2024, Ibu Yantie Isfandiary Airlangga Hartarto, menyampaikan bahwa tujuan utama pameran ini adalah untuk membantu pemasaran produk-produk perajin muda binaan Dekranasda serta memberikan ruang bagi industri kerajinan Nusantara untuk terus berinovasi dan menampilkan produk unggulannya. “Tahun ini, kami menggunakan panggung berbentuk kapal yang melambangkan Kapal Kriyanusa yang berlabuh di setiap daerah untuk menjemput perajin meraih impian,” ujarnya.

Baca Juga: UMKM Binaan PERTAMINA Ramaikan WOW Indonesia Festival 2024 di Amerika Serikat

Salah satu ikon penting dalam Kriyanusa 2024 adalah Seraung, simbol keindahan dan kekayaan budaya Kalimantan Timur. Seraung, sebuah topi tradisional khas suku Dayak, memiliki makna simbolis yang mendalam dalam kehidupan masyarakat Dayak, baik sebagai aksesori dalam acara adat maupun sebagai simbol status sosial dan kebanggaan suku. Pemilihan Seraung sebagai ikon pameran dilakukan oleh Dekranas Pusat bersama Dekranasda Kalimantan Timur untuk menampilkan ragam budaya daerah yang memukau.

Di acara pembukaan, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin akan mengenakan pakaian adat juga, yang merupakan bagian dari upaya mempromosikan kerajinan dari seluruh Indonesia. Ketua Harian Dekranasda Kalimantan Timur, Heny Purwaningsih, menekankan pentingnya pameran ini dalam memperluas pasar produk kerajinan daerah sebagai bagian dari strategi mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.

Puncak acara Kriyanusa 2024 akan diwarnai dengan berbagai penampilan budaya dari Kalimantan Timur, termasuk tarian dari Sanggar Seni Gubang dan Fashion Show Sarung Samarinda. Pengunjung juga akan disuguhi pertunjukan musik tingkilan yang memperkaya pengalaman budaya mereka.

Berbagai acara pendukung seperti talkshow, demo kerajinan kriya, fashion show, dan lomba pemilihan stand terbaik juga akan turut memeriahkan pameran ini. Kriyanusa 2024 mendapat dukungan dari berbagai kementerian, lembaga pemerintah, dan perusahaan besar di Indonesia.

Pameran Kriyanusa 2024 adalah tempat di mana warisan budaya bertemu dengan inovasi dan kreativitas tanpa batas. Ayo datang dan saksikan karya-karya luar biasa dari para perajin muda Indonesia!

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img