Segera Hadir Kriyanusa 2024 Dorong Regenerasi Pengrajin Muda Kriya Indonesia

Tangerang, 28 Agustus 2024 – Kriyanusa 2024, pameran kerajinan tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), kembali hadir pada 28 Agustus – 1 September 2024 di JCC Jakarta. Bertemakan “Membawa Pengrajin Muda,” acara ini menitikberatkan pada regenerasi pengrajin dengan fokus dorong regenerasi Pengrajin Muda yang diharapkan dapat melanjutkan dan mengembangkan warisan budaya kriya Indonesia. Tahun ini, Kalimantan Timur dipilih sebagai ikon tema pameran, mengusung produk-produk unggulan dari wilayah tersebut dan memberikan sentuhan kekinian pada warisan budaya lokal.

Ketua Pelaksana Kriyanusa 2024, Ibu Yanti Airlangga, menjelaskan bahwa persiapan untuk acara ini telah berlangsung selama 3-4 bulan. Produk-produk yang dipamerkan melalui proses kurasi yang ketat untuk memastikan kualitas serta relevansi dengan tema. “Kami ingin fokus dorong regenerasi Pengrajin Muda agar terjadi regenerasi, sehingga banyak anak muda yang mencintai karya wastra. Sebelumnya, hanya pengrajin yang kompeten dan ahli yang mendominasi, tapi kali ini kami menghadirkan karya luar biasa dari generasi muda,” ujarnya.

Baca Juga: UMKM Binaan PERTAMINA Ramaikan WOW Indonesia Festival 2024 di Amerika Serikat

Pemerintah juga turut mendukung dengan memberikan ruang bagi kreasi dari berbagai daerah, membuka kesempatan bagi para pengrajin untuk memperlihatkan karya-karya mereka. Dekranas sebagai wadah pengrajin nasional berkomitmen untuk memperkuat persatuan melalui pameran ini, yang tidak hanya akan menghadirkan pengunjung dari dalam negeri, tetapi juga dari luar Nusantara.

Wakil Ketua Umum Dekranas, Elizabeth Tohir, menambahkan bahwa kolaborasi antara fashion dan desain menjadi salah satu poin penting dalam pameran ini. “Mengangkat pengrajin muda sangat penting untuk meningkatkan kualitas produk menjadi unggulan yang unik, kreatif, dan kekinian. Kami juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melatih para penenun muda agar lebih giat dalam melestarikan budaya kita,” jelasnya.

Pameran ini juga berdampak positif pada lingkungan, dengan adanya upaya daur ulang dan redesign yang menghasilkan produk baru bernilai tinggi. Tahun ini, Kriyanusa tidak hanya menampilkan produk-produk unggulan dari Kalimantan Timur, tetapi juga mengajak pengrajin muda untuk turut serta dalam memperkenalkan budaya kriya hingga wastra melalui produk yang inovatif dan relevan bagi generasi muda.

Ibu Sri Bahlil Lahadalia, Ketua Panitia Kriyanusa 2024, mengungkapkan bahwa tantangan utama dalam pameran kali ini adalah mengayomi generasi muda. Sebelumnya, mayoritas peserta dan pengunjung adalah ibu-ibu pecinta wastra. Namun, pameran tahun ini akan menghadirkan berbagai workshop dan teknik baru yang diharapkan dapat menarik minat generasi muda. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh kehadiran Ibu Negara Republik Indonesia yaitu Ibu Iriana Joko Widodo beserta jajarannya, serta berbagai artis ibu kota yang akan turut berbelanja kriya nusantara.

Baca Juga: SesKemenKopUKM Selenggarakan Literasi Keuangan bagi ASN untuk Pengelolaan Penghasilan Produktif

Kriyanusa 2024 tidak hanya menjadi ajang silahturahmi para pengrajin kriya, tetapi juga kesempatan untuk melakukan business matching dan memperluas jaringan hingga ke kancah internasional. Acara ini juga menampilkan fashion show dari warisan budaya Indonesia, dengan partisipasi tiga desainer dari HIPMI yang akan mempersembahkan koleksi terbaru mereka.

Dengan kolaborasi yang lebih dalam dan relevansi yang kuat terhadap kebutuhan generasi muda, Kriyanusa 2024 diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam pelestarian dan pengembangan wastra Nusantara, membawa produk-produk lokal ke level yang lebih tinggi dan menambah nilai tambah melalui inovasi dan kreativitas.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img