Melangkah bersama UMKM untuk menyukseskan hilirisasi

getimedia.id – Jakarta, Melangkah bersama UMKM untuk menyukseskan hilirisasi, mewujudkan perubahan yang dirasakan oleh masyarakat akarP rumput adalah suatu keharusan. Saat ini, Pemerintah sedang berupaya untuk mencapai perubahan tersebut dengan melibatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam proses hilirisasi. 

Baca Juga: UMKM Binaan Pama Unjuk Produk Kuliner, Kriya, hingga Fashion

Melangkah bersama UMKM untuk menyukseskan hilirisasi Presiden Joko Widodo secara berkesinambungan mengungkapkan tekad Indonesia untuk melakukan hilirisasi demi meningkatkan nilai tambah dalam rantai produksi.

Baik dalam pidato kenegaraan menjelang Hari Kemerdekaan, pidato pembukaan Rakernas XVIII HIPMI Tahun 2023, maupun dalam penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Indonesia memiliki hak untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya melalui hilirisasi.

Secara khusus, dalam pidato pembukaan Rakernas XVIII HIPMI Tahun 2023, Presiden Indonesia menegaskan bahwa hilirisasi tidak hanya untuk perusahaan besar-besar, bukan hanya untuk nikel, dan juga bukan hanya terkait tambang tembaga. Beliau menekankan bahwa UMKM juga harus mengalami proses industrialisasi, dan produk-produk mentah harus dihilirisasi.

Presiden, yang merupakan wirausaha mebel dan perkayuan sebelum terpilih sebagai pemimpin, mengimbau agar pelaku UMKM tidak terus-menerus mengekspor bahan-bahan mentah. 

Melangkah bersama UMKM untuk menyukseskan hilirisasi, Presiden juga mendorong masyarakat untuk mengubah bahan mentah tersebut menjadi produk jadi atau setengah jadi melalui proses pengolahan, yang akan meningkatkan nilai jual dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Perlu diakui bahwa hilirisasi memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai jual. Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pendapatan per kapita Indonesia pada tahun 2022 sekitar Rp71 juta, dan targetnya adalah meningkat menjadi Rp153 juta dalam 10 tahun ke depan, Rp217 juta dalam 15 tahun, dan Rp331 juta dalam 22 tahun untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Dalam rangka mencapai visi tersebut, Pemerintah telah menciptakan berbagai program yang memfasilitasi keterlibatan UMKM secara khusus. Dalam konteks ini, Pemerintah telah mengambil langkah-langkah konkret untuk mendukung UMKM dalam proses hilirisasi sumber daya alam. 

 

Sumber: antaranews

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img