UMKM Go Export BCA Hadirkan UMKM TEI 2023

Getimedia.id – Jakarta, UMKM Go Export BCA Hadirkan UMKM TEI 2023, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menghidupkan Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 dengan melibatkan sejumlah UMKM yang didukung, termasuk desa wisata yang menjadi binaan Bakti BCA. Partisipasi BCA dalam acara TEI 2023 menunjukkan komitmen perusahaan terhadap pertumbuhan pasar ekspor di Indonesia dan perkembangan bisnis UMKM. 

Baca Juga: Homeco Living Perluas Pasar dengan Ikut TEI 2023

Dalam rentang waktu lima hari, mulai dari 18 hingga 22 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, pelaku UMKM diberikan kesempatan untuk memasarkan produk unggulan mereka dan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam hal ekspor.

UMKM Go Export BCA Hadirkan UMKM TEI 2023, beberapa UMKM binaan BCA yang dipilih untuk berpartisipasi dalam TEI 2023 antara lain Wastraloka, Bohopanna, Djoe Hoa, Mamasoul, PT Adarasa Putra Jaya, PT Casalini Natura Indonesia, dan dua UMKM dari desa wisata yang menjadi binaan Bakti BCA yaitu Doesoen Kopi Sirap dan Kampung Batik Gemah Sumilir.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, menyatakan, “Kami dengan senang hati melibatkan UMKM binaan, termasuk desa wisata yang menjadi binaan Bakti BCA, untuk turut serta dalam Trade Expo Indonesia 2023. Acara ini memberikan kesempatan yang positif bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka dan memperluas cakupan pasar.

 Kami berharap kegiatan ini akan semakin memperluas peluang produk lokal Indonesia untuk mencapai pasar internasional. TEI 2023 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan RI dengan tema “Sustainable Trade for Global Economic Resilience”. 

Peserta TEI 2023 terdiri dari produsen, pemasok, UMKM, dan koperasi produk Indonesia yang berfokus pada ekspor, serta perusahaan lain di sektor industri, perdagangan, dan pariwisata. Pada tahun 2022, TEI berhasil mencatat total transaksi sebesar US$15,8 miliar dengan jumlah pengunjung sebanyak 29.714 orang dan melibatkan 1.097 peserta pameran.

Sebelumnya, BCA telah bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan RI untuk menyelenggarakan pelatihan perdagangan ekspor bagi 60 UMKM yang telah dipilih di Semarang dan Yogyakarta. Pelatihan ini mencakup materi yang membantu para UMKM untuk memasarkan produk mereka secara internasional, termasuk peningkatan kualitas produk, identifikasi potensi pasar ekspor, pemahaman tentang akses ekspor, simulasi transaksi luar negeri, dan strategi promosi.

Selain itu, dukungan BCA terhadap UMKM tercermin dari pertumbuhan pembiayaan kepada UMKM sebesar 14,5% YoY, mencapai Rp113,1 triliun per September 2023. BCA juga menyelenggarakan BCA UMKM Fest 2023 pada pertengahan Agustus 2023, yang diikuti oleh sekitar 1.400 UMKM yang memamerkan produk-produk unggulan mereka.

Sumber: pressrelease.kontan

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img