Palu Meningkatkan UMKM

getimedia.id – Jakarta, Palu Meningkatkan UMKM, Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, terus berkomitmen untuk memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan fokus pada peningkatan keterampilan dan kompetensi pelaku usaha. 

Baca Juga :Permendag 31/2023 – Keselamatan UMKM

Menurut Setyo Susanto, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palu, penting untuk tidak hanya mempertimbangkan produk yang dihasilkan oleh UMKM, tetapi juga memperhatikan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) para pelaku usaha.

UMKM merupakan sektor yang diberi dorongan oleh Pemerintah Kota Palu karena telah terbukti mampu bertahan dalam situasi ekonomi sulit, bahkan selama masa pandemi COVID-19. Di tengah tantangan tersebut, sektor UMKM mampu beradaptasi, sementara bisnis besar mengalami kesulitan, menyebabkan banyak karyawan harus dirumahkan.

Menjadi seorang wirausahawan memerlukan keberanian menghadapi risiko pasar, inovasi, dan perencanaan yang matang. Menurut Setyo Susanto, ada tiga pendekatan utama dalam pengembangan usaha, yaitu meningkatkan kualitas produk, pengembangan SDM, dan memperluas jaringan kemitraan di pasar.

Pendekatan ini tidak hanya memperkuat daya saing UMKM secara lokal, tetapi juga membantu mereka untuk memasuki pasar yang lebih luas dan memperluas cakupan bisnis mereka. 

Dengan memberikan dukungan yang terus-menerus kepada UMKM, Pemerintah Kota Palu berusaha menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan bisnis kecil dan menengah, membuka peluang baru, dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Pendekatan kemitraan yang menguntungkan kedua belah pihak memegang peran yang sangat penting dalam dunia bisnis. Kolaborasi yang kuat antara pelaku usaha tidak hanya membuka pintu menuju pasar yang lebih luas, tetapi juga membantu dalam memperluas jejaring kerja. 

Dalam konteks ini, peningkatan kualitas produk juga menjadi hasil dari kerjasama yang baik. Setyo Susanto, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palu, menekankan pentingnya memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi dan pemasaran produk UMKM, terutama di era digital ini. 

Dengan memanfaatkan platform-media sosial dengan cerdas, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dapat memperluas jangkauan audiens mereka, meningkatkan eksposur produk, dan secara substansial meluaskan pangsa pasar mereka.

Pemerintah juga aktif mendorong pengembangan usaha masyarakat melalui kebijakan yang cepat dan terarah, dengan memastikan koneksi yang baik dengan Pemerintah Pusat. Sebagai bentuk penghargaan terhadap UMKM, Pemerintah Kota Palu memberikan perlindungan melalui jaminan sosial ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kepada 20.982 UMKM di ibu kota Sulawesi Tengah.

Sumber : sulteng.antaranews.com

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img