Pj Gubernur NTB Innovative Award

getimedia.id – Jakarta, Pj Gubernur NTB Innovative Award, Pada tanggal 25 September 2023, Pj Gubernur NTB, yang bernama Dr. H. Lalu Gita Ariadi, menghadiri acara presentasi Kepala Daerah yang dinominasikan sebagai penerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 di klaster provinsi, kabupaten, kota, daerah tertinggal, dan daerah perbatasan. 

Baca Juga : UMKM Kota Tangerang Jadi Minimarket

Acara ini berlangsung di Ruang Sidang Utama (RSU) Gedung A Lt.3 Kemendagri dan Ruang Multimedia Gedung B Lt. 2) di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur NTB, yang akrab dipanggil Miq Gite, memaparkan prestasi NTB Mall dan 99 Desa Wisata sebagai inovasi unggulan dari Provinsi NTB. Hingga tahun 2023, Provinsi NTB telah mengembangkan sebanyak 134 inovasi, baik yang berbasis digital maupun non-digital dalam berbagai aspek pemerintahan.

Miq Gite kemudian lebih rinci membahas keberhasilan NTB Mall yang telah diperkenalkan sejak 17 Agustus 2020. Dengan didukung oleh Peraturan Gubernur NTB No 43 tahun 2020 tentang Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program “Bela dan Beli Produk Lokal,” NTB Mall telah berhasil memperluas pasar ke tingkat nasional dan internasional dengan membuka outlet di Jakarta dan Malaysia. 

Produk-produknya juga dapat diakses oleh masyarakat global melalui aplikasi yang telah tersedia. NTB Mall memiliki keunggulan tambahan dalam menampung semua produk UMKM lokal, yang berarti UMKM tidak perlu khawatir tentang pemasaran produk mereka.

Miq Gite menyatakan, “Saat ini, sudah ada 5.215 UMKM yang menjalin kemitraan dengan NTB Mall.”

Di samping itu, inovasi program andalan lainnya adalah 99 Desa Wisata, yang telah membantu desa-desa wisata di NTB menjadi terkenal secara global. Program ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi NTB untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan mempromosikannya dengan menampilkan keaslian budaya pedesaan dan aktivitas sosial masyarakat.

Seiring dengan pengembangan Desa Wisata, berbagai infrastruktur dasar seperti jalan, pasokan air bersih, listrik, serta pengelolaan lingkungan dan pengelolaan sampah juga telah ditingkatkan. Hal ini membantu akselerasi pertumbuhan ekonomi di komunitas setempat, seiring dengan semakin terkenalnya dan diminatinya desa-desa wisata di NTB.

Kepala Dinas Diskominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, menjelaskan lebih detail mengenai ragam inovasi yang telah diterapkan di NTB. Di antaranya, terdapat 44 inovasi berbasis teknologi digital dan 90 inovasi non-digital. Inovasi-inovasi tersebut mencakup berbagai aspek pemerintahan daerah, pelayanan publik, serta tata kelola pemerintahan daerah.

Amy menekankan, “Provinsi NTB secara terus-menerus meningkatkan berbagai inovasi ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.”

Sc : Diskominfotik NTB

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img