Kualitas dan Hubungan Baik Kunci Sukses UKM Bali di Pameran

Tangerang, 15 Januari 2025 – Wakil Menteri Perdagangan, Dyah Roro Esti Widya Putri, menegaskan komitmen Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) Bali untuk memperluas akses pasar. Dukungan ini diwujudkan melalui partisipasi UKM dalam berbagai pameran, baik yang diselenggarakan oleh Kemendag maupun pihak lainnya.

Hal tersebut disampaikan Wamendag Roro saat mengunjungi Kahyangan House of Jewelry di Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (14/1). Dalam kunjungan ini, ia didampingi oleh Direktur Bina Usaha Perdagangan Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, Septo Soepriyanto, Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, I Made Sudarsana, dan Ketua Komisi II DPRD Bali, Agung Bagus Pratiksa Linggih.

Baca juga: KITE IKM: Solusi Jitu Bagi UMKM Agar Tembus Pasar Internasional!

“Bagi UKM, pameran sangat penting sebagai ajang promosi untuk meningkatkan akses pasar. Kemendag terus mendukung UKM Bali dalam berbagai pameran seperti Pangan Nusa, UKM Pangan Award, dan Trade Expo Indonesia. Kami juga berkoordinasi dengan dinas perdagangan setempat untuk memastikan keberlanjutan usaha pelaku UKM. Tetaplah menjaga kualitas produk dan hubungan baik dengan buyer,” ujar Wamendag Roro.

Kemendag telah berperan aktif dalam mendorong akses pasar bagi UKM melalui berbagai ajang pameran. Pada tahun lalu, UKM Indonesia telah dipromosikan melalui pameran besar seperti Inacraft, Kriya Nusa, HUT DEKRANAS, dan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW). Selain itu, program “Bangga Buatan Indonesia” di Provinsi Banten turut memfasilitasi 96 pelaku usaha pada pameran Mall to Mall, serta 166 pelaku usaha dan 50 kuliner khas Nusantara pada pameran Pangan Nusa.

Untuk mendukung perluasan pasar internasional, Kemendag juga menguatkan diplomasi perdagangan dengan berpartisipasi aktif dalam forum internasional, mempercepat perundingan perdagangan, dan menyelesaikan sengketa dagang.

“Kemendag siap membantu UKM memulai dan meningkatkan ekspor. Bersama perwakilan perdagangan di luar negeri, kami terus mempromosikan produk unggulan Indonesia melalui penjajakan bisnis, misi dagang, dan pameran internasional,” tambah Wamendag Roro.

Baca juga: Geliat Ekspor Cangkang Sawit Indonesia ke Jepang

Dengan langkah-langkah strategis ini, Kemendag berharap UKM Bali mampu meningkatkan daya saing, mempertahankan kualitas, serta menjalin hubungan baik dengan buyer demi keberlanjutan usaha.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img