UMKM Indonesia dan Malaysia Mengeksplorasi Potensi Kemitraan untuk Mengembangkan Pasar dan Pertumbuhan Bisnis

getimedia.id – Jakarta (Johor Bahru, Malaysia) – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Indonesia dan Malaysia telah meneguhkan komitmen kerjasama yang kuat dalam upaya bersama untuk mengembangkan sektor UMKM di kedua negara.

Langkah penting ini diwujudkan melalui acara yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru, Malaysia, pada Selasa, 12 September 2023, yang menjadi tonggak bersejarah dalam memperdalam hubungan ekonomi antara dua negara tetangga ini.

Dalam momen yang sarat makna ini, Amanda Batik, seorang pengusaha UMKM Indonesia yang terkenal dengan produk batik berkualitas tinggi, secara simbolis menyerahkan sebuah kain batik berharga kepada Marsianda Widiyanto, yang juga merangkap sebagai Ketua Dewan Wanita Perwakilan (DWP) KJRI Johor Bahru.

Tidak hanya memiliki peran yang penting dalam Konsulat Jenderal RI di Johor Bahru, Marsianda Widiyanto juga adalah istri dari Konsulat Jenderal RI di sana. Pendukung utama dalam acara ini adalah Windriya Andreza, Wakil Ketua DWP KJRI Johor Bahru, yang juga merupakan istri Konfung Ekonomi KJRI Johor Bahru.

Kerjasama antara UMKM Amanda Batik dan pihak terkait di Malaysia mencerminkan semangat kolaborasi yang berkembang antara pelaku UMKM kedua negara.Kolaborasi ini akan mencakup berbagai aspek, seperti pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya, yang akan membantu UMKM di kedua negara untuk tumbuh dan berkembang lebih pesat.

Marsianda Widiyanto, yang merangkap sebagai Ketua DWP KJRI Johor Bahru, menyatakan, “Kerjasama ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam memperkuat ikatan antara pelaku UMKM Indonesia dan Malaysia. Kami yakin bahwa dengan saling mendukung dan berbagi sumber daya, kita dapat menciptakan peluang bisnis yang berkelanjutan dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.”

Amanda Batik, pemilik Amanda Batik, mengungkapkan harapannya bahwa kerjasama ini akan memberikan inspirasi bagi UMKM lainnya di Indonesia dan Malaysia untuk melibatkan diri dalam kerjasama lintas batas yang serupa. 

“Kami berharap bahwa kerjasama ini tidak hanya akan meningkatkan potensi ekonomi UMKM di Indonesia dan Malaysia tetapi juga menjadi contoh positif bagi negara-negara lain dalam menggali potensi UMKM dalam mendukung pertumbuhan ekonomi regional,” katanya. Kerjasama semacam ini memiliki potensi untuk memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan ekonomi di kedua negara.

Dan dapat menjadi model yang menginspirasi bagi negara-negara lain yang ingin memaksimalkan potensi UMKM dalam pengembangan ekonomi mereka. Semoga, langkah bersejarah ini akan menghasilkan hasil yang bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dan semakin memperkuat hubungan ekonomi yang erat antara Indonesia dan Malaysia.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img