Tangerang, 30 Oktober 2024 – Indocomtech 2024 resmi dibuka di ICE BSD, Tangerang. Dengan tema “#TechITAround,” pameran ini menjawab peluang pekerjaan baru menyatukan inovasi teknologi digital terkini serta menghadirkan panggung besar bagi dunia usaha dan ritel untuk memanfaatkan era kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang semakin berkembang. Dalam pameran yang berlangsung dari 30 Oktober hingga 3 November 2024 ini, sebanyak 121 perusahaan teknologi dari berbagai kategori seperti gadget, elektronik, teknologi transportasi, dan solusi IT, siap menyuguhkan produk unggulan mereka di 174 booth yang tersedia.
Prof. Dr. Marsudi Wahyu Kusworo, Ketua Steering Committee Indocomtech dan Guru Besar bidang Teknologi Informasi pertama di Indonesia, menyoroti pentingnya menyiapkan sumber daya manusia unggul untuk memanfaatkan peluang baru yang tercipta dari AI. Ia memperkirakan bahwa meski sekitar 30 juta pekerjaan dapat tergantikan oleh mesin pada 2030, sebanyak 60 juta peluang kerja baru juga akan tercipta. Indocomtech diharapkan mampu menjadi pemicu perkembangan teknologi sekaligus menginspirasi semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda Indonesia.
Baca Juga: Mengubah Sampah Jadi Material Bangunan Ramah Lingkungan
“Kreativitas adalah aspek yang tak dapat digantikan oleh robot. Justru, dengan kemajuan AI, generasi muda diharapkan bisa lebih bijak dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi untuk kehidupan yang lebih baik,” ujar Prof. Dr. Marsudi.
Sebagai salah satu pameran teknologi terbesar yang kini berusia 30 tahun, Indocomtech 2024 resmi dibuka dan terus mengusung kolaborasi lintas sektor, salah satunya melalui program Indonesia Technology Transformation (ITT) pada panggung B2B, Hi AI! Stage. ITT menyediakan berbagai sesi talkshow, workshop, hingga peluncuran produk yang mendukung para pelaku bisnis dalam memahami dan mengadopsi teknologi AI secara bertanggung jawab tantangan pekerjaan baru di masa depan. Panggung Technoforia ditujukan bagi segmen B2C dan menghadirkan beragam hiburan seperti kompetisi robotik, cosplay, Olimpiade TIK-Informatika Nasional, hingga diskon besar dari brand besar seperti Samsung, Epson, dan Canon.
Hidayat Tjokrodjojo, Ketua Umum Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI), menyebutkan bahwa Indocomtech 2024 didesain untuk memenuhi kebutuhan generasi milenial dan Gen Z yang hidupnya semakin dekat dengan teknologi digital. Dengan 212 juta pengguna internet di Indonesia, pemanfaatan AI diharapkan mampu berkontribusi hingga 12% terhadap PDB Indonesia pada 2030.
Bank DBS Indonesia, sebagai Official Bank Partner, juga menghadirkan berbagai penawaran khusus, termasuk cashback hingga Rp2.200.000 bagi pengguna Kartu Kredit digibank. Pengunjung dapat mendaftar langsung dan mendapat kartu kredit dengan persetujuan hanya dalam 60 detik di booth DBS, memungkinkan mereka langsung bertransaksi di acara tersebut.
Baca Juga: Sukses dari Nol Perjalanan Jatuh Bangun Founder Healthy Go di Bisnis Catering Sehat
Bambang Setiawan, Presiden Direktur Satue Event, mengharapkan Indocomtech 2024 dapat menarik perhatian lebih dari 50.000 pengunjung dari berbagai kalangan. Dengan dukungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kementerian Kominfo, serta asosiasi teknologi di Indonesia, Indocomtech 2024 diyakini akan menjadi panggung utama inovasi teknologi, mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, dan menginspirasi generasi muda untuk terus berinovasi dalam dunia kewirausahaan berbasis teknologi.
Untuk menikmati pengalaman penuh di Indocomtech 2024, tiket masuk dapat dibeli secara online dengan harga Rp25.000 (Weekdays) dan Rp35.000 (Weekend), serta harga tiket on-site sebesar Rp35.000 (Weekdays) dan Rp50.000 (Weekend).