Gelar Indo Water 2024 Expo Solusi Pengelolaan Air, Limbah, dan Energi Terbarukan

Jakarta, 11 September 2024 – PT Napindo Media Ashatama kembali menghadirkan pameran dan forum internasional terbesar di Indonesia untuk sektor pengelolaan air, limbah, daur ulang, dan energi terbarukan. Indo Water 2024 Expo & Forum ke-18, Indo Waste and Recycling 2024 Expo & Forum ke-14, serta Indo Renergy dan Electric 2024 Expo & Forum ke-14 akan diselenggarakan pada 18-20 September 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.

Rangkaian pameran ini terlaksana dengan dukungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI serta sejumlah asosiasi pendukung lainnya. Lebih dari 700 peserta pameran dari 26 negara akan ikut berpartisipasi, termasuk delapan paviliun negara yang telah mengkonfirmasi keikutsertaannya, di antaranya Indonesia, Austria, Cina, Jerman, Korea Selatan, Singapura, Swiss, dan Turki. Pameran ini diharapkan dapat menghadirkan inovasi terbaru dalam pengelolaan air bersih, pengolahan sampah, limbah, daur ulang, serta energi terbarukan.

Baca Juga: ASMINDO Gelar IFFINA 2024 di ICE BSD dengan Tema “Sustainable by Design”

Assistant Project Director PT Napindo Media Ashatama, Lisa Rusli, mengungkapkan bahwa rangkaian pameran ini merupakan bentuk kolaborasi antara pemerintah, praktisi teknologi, akademisi, sektor swasta, hingga masyarakat umum. “Tujuan utama kami adalah mendukung investasi sekaligus menghadirkan solusi terhadap tantangan pengelolaan air bersih, pengolahan sampah, dan energi terbarukan melalui inovasi teknologi terbaru,” ujar Lisa.

Indo Water 2024 Expo memiliki fokus khusus untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses sanitasi yang baik bagi seluruh masyarakat. Upaya ini diwujudkan dengan membangun infrastruktur sanitasi berbasis komunitas, optimalisasi pengelolaan fasilitas sanitasi, dan meningkatkan peran pemerintah daerah dalam menyediakan sanitasi yang layak. Selain itu, pentingnya pengelolaan air limbah menjadi perhatian utama dengan adanya tingginya angka Air Tak Berekening (ATR) atau Non Revenue Water (NRW) yang saat ini mencapai 33%, jauh di atas standar yang dapat diterima yaitu 20%.

E. Hardiansyah P. Putra, Ketua Tim Pelaksana Bidang Tugas Pemantauan, Evaluasi, dan Dukungan PPIP Kementerian PUPR, menekankan pentingnya forum ini untuk mendiskusikan solusi pembiayaan dalam pembangunan infrastruktur air minum dan sanitasi, terutama untuk menurunkan tingkat NRW yang masih menjadi masalah besar di Indonesia.

Baca Juga: Kriyanusa 2024 Pameran Perajin Muda dalam Melestarikan Warisan Budaya

Selain pameran, acara ini juga akan menghadirkan lebih dari 50 kegiatan seperti presentasi produk teknis, seminar, workshop, dan pelatihan. Beberapa kegiatan utama yang akan diadakan termasuk Workshop Pengembangan Alternatif Pembiayaan untuk Penurunan NRW, ASEAN Recycling Summit 2024, serta Wastewater Treatment Plant Design Training.

Untuk menghadiri pameran ini, pengunjung dapat melakukan pre-registrasi di situs resmi www.napindo.com. Pameran akan berlangsung di Hall B1, B2, B3, C1, dan C3 JIExpo Kemayoran. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan wawasan terbaru dan solusi inovatif di bidang pengelolaan air, limbah, dan energi terbarukan.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img