Sistem Pengendalian Intern dalam Melindungi Aset UMKM

Digitalisasi adalah langkah yang sangat penting dalam menjalankan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya dalam pembuatan dan pengelolaan laporan keuangan. Alih-alih melakukan pencatatan laporan keuangan secara manual, penggunaan perangkat lunak akuntansi dapat mempercepat dan menyederhanakan proses ini.

Meskipun terlihat sederhana, proses akuntansi memiliki peran yang sangat krusial dalam kelancaran operasional sebuah perusahaan. Penilaian terhadap kesehatan keuangan UMKM dapat dilihat melalui penyusunan laporan keuangan. Oleh karena itu, perangkat lunak akuntansi dapat membantu memperjelas gambaran keuangan suatu bisnis.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti, mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan aplikasi pembukuan digital yang saat ini banyak tersedia. Akuntabilitas dalam pencatatan keuangan akan mempermudah pelaku UMKM dalam mendapatkan pendanaan dari perbankan. Destry menyatakan, “Bank Indonesia memberikan saran bahwa penyedia platform aplikasi atau pembukuan untuk UMKM harus memilih mitra kolaboratif yang kuat untuk meningkatkan layanan.”

Data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mengungkapkan bahwa sekitar 23 juta pelaku UMKM di Indonesia belum mendapatkan akses ke pendanaan dari perbankan, sedangkan hanya 41 juta pelaku UMKM yang berhasil mendapatkan pendanaan dari bank. Oleh karena itu, pencatatan keuangan yang akurat sangat penting agar UMKM dapat memantau kinerja bisnis mereka setiap hari dan membuat keputusan yang bijak untuk kemajuan usaha mereka.

Di Indonesia, banyak aplikasi pencatatan keuangan yang ditujukan untuk UMKM, salah satunya adalah Aplikasi SMART DIGITAL yang dikembangkan oleh Tim Universitas Pembangunan Jaya melalui proyek Pengelolaan Keuangan dengan Aplikasi SMART DIGITAL untuk Komunitas UMKM Tangguh Berkibar yang didanai oleh KEMENDIKBUDRISTEK pada tahun 2023.

Mengapa UMKM Harus Menggunakan Perangkat Lunak Akuntansi SMART DIGITAL?

Agustine Dwianika menjelaskan bahwa keunggulan aplikasi SMART DIGITAL dibandingkan dengan aplikasi serupa terletak pada kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai jenis usaha kecil berdasarkan kebutuhan mereka. “Tidak semua fitur mungkin diperlukan oleh UMKM pemula, tetapi sebaliknya, bisnis yang lebih besar dengan cabang usaha dapat memanfaatkan fitur yang lebih komprehensif,” tambah Agustine.

Pelatihan peningkatan pengelolaan keuangan yang diselenggarakan oleh program studi Akuntansi dan Sistem Informasi di Universitas Pembangunan Jaya untuk Komunitas Tangguh Berkibar mendapat tanggapan positif dari peserta. Adi, Ketua Komunitas Tangguh Berkibar, mengatakan bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan tidak rumit. Program ini akan terus dievaluasi secara sistematis ke depannya.

 

Pentingnya pengelolaan keuangan yang tepat tidak boleh diabaikan dalam bisnis UMKM. Kesalahan dalam pengelolaan keuangan sering kali menjadi penyebab utama kegagalan UMKM. Penggunaan perangkat lunak akuntansi yang dirancang khusus untuk UMKM dapat membantu mencegah dampak buruk seperti kesalahan perhitungan laba dan rugi, yang bisa berujung pada akumulasi utang yang lebih besar daripada keuntungan. Dengan demikian, penggunaan perangkat lunak akuntansi seperti SMART DIGITAL sangat dianjurkan untuk membantu UMKM mengelola keuangan mereka dengan lebih baik.

  1. Perhitungan Laba yang Lebih Mudah

Dalam setiap bisnis UMKM, perhitungan laba adalah komponen yang menentukan kinerja UMKM. Keuntungan yang signifikan menunjukkan keberhasilan, sedangkan keuntungan yang minim menandakan masalah. Laporan laba rugi sebuah perusahaan harus akurat, dan aplikasi akuntansi mencatat setiap transaksi dan mengumpulkan informasi tersebut dengan rapi untuk menyusun laporan laba rugi yang lebih jelas.

  1. Pencatatan Transaksi UMKM yang Akurat

Setiap transaksi bisnis harus dicatat secara akurat dan tepat waktu. Perangkat lunak akuntansi SMART DIGITAL memiliki fitur yang memungkinkan pencatatan setiap transaksi UMKM dengan akurasi tinggi. Selain itu, perangkat lunak ini dapat melakukan perhitungan secara otomatis, sehingga tidak ada lagi risiko kehilangan atau kesalahan data transaksi.

  1. Pelacakan Laporan Keuangan UMKM

Pencatatan laporan keuangan adalah kunci dalam mengukur kinerja UMKM. Laporan keuangan yang akurat memungkinkan UMKM untuk mengetahui apakah bisnis mereka dalam keadaan baik atau memerlukan perbaikan. Perangkat lunak akuntansi SMART DIGITAL dilengkapi dengan alat perhitungan dan penyusunan laporan keuangan yang akurat, mengurangi risiko kesalahan perhitungan yang sering terjadi dalam pencatatan manual. Penggunaan perangkat lunak akuntansi seperti SMART DIGITAL merupakan langkah bijak bagi UMKM untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan meningkatkan peluang kesuksesan bisnis mereka.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img