Pesta Inovasi Sembada 2023 Mendorong Pertumbuhan UMKM Indonesia

getimedia.id – Jakarta, Pesta Inovasi Sembada 2023 Mendorong Pertumbuhan UMKM Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman mengadakan Festival UMKM Sembada 2023 di Atrium Jogja City Mall selama 3 hari dari tanggal 24-27 Agustus 2023. Festival ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk unik dan kreatif dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta sebagai ajang berkumpulnya komunitas bisnis lokal yang berkolaborasi dan berbagi pengalaman.

Baca Juga : Penguatan Ekonomi Syariah di Indonesia Pasca Pandemi

Terdapat 130 tenan UMKM yang ikut memeriahkan festival ini yang terdiri dari kategori Fashion, Kuliner, Craft, Kecantikan, serta flora. Para pengunjung dapat menemukan produk-produk unik yang sulit ditemukan di tempat lain, mencerminkan kreativitas dan keunikan dari para wirausaha lokal. Salah satu daya tarik utama dari Festival UMKM adalah keberagaman produk yang ditawarkan.

Festival UMKM Sembada 2023 dihadiri oleh para UMKM yang masuk grade 4 dan 5, yakni mereka yang sudah memiliki perizinan lengkap, proses produksi sudah mapan, serta tidak ada kesulitan dalam masalah permodalan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, R Haris Martapa, SE, MT dalam acara pembukaan.

Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo juga menyatakan bahwa festival ini dapat menjadi ajang inovasi dan pengenalan produk kepada masyarakat terhadap produk-produk UMKM Kabupaten Sleman. Bersama-sama mengenalkan produk Sleman secara luas melalui penjualan secara online. 

Pesta Inovasi Sembada 2023 Mendorong Pertumbuhan UMKM Indonesiam, Tujuan utama dari Festival UMKM Sembada 2023 adalah meningkatkan visibilitas UMKM lokal di mata masyarakat. Dengan memberikan akses langsung kepada konsumen, pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk mempromosikan kualitas produk mereka serta menjalin hubungan yang lebih personal dengan pelanggan.

Festival semacam ini menjadi kesempatan emas bagi UMKM untuk mendapatkan dukungan yang lebih besar. Selain itu, perlu juga dilakukan pendampingan secara masif oleh Pemerintah kepada para pelaku UMKM seperti dukungan permodalan yang lebih kepada para UMKM yang masih dalam grade bawah guna meningkatkan produktivitas dari UMKM sehingga tema Inovasi tan batas dapat tercapai.

Festival UMKM Sembada 2023 berhasil membukukan omset transaksi hingga Rp 325 juta. Festival ini diharapkan dapat jangkau pemasaran lebih luas dan meningkatkan kualitas UMKM yang ada. Harapan dari festival ini tertuang dalam tema yang diberikan yaitu “Manunggal Tumuju Murakabi Kertaraharja” yaitu UMKM dapat terjaga dan terjamin kesejahteraannya serta bangga terhadap produk-produk lokal melalui peningkatan kualitas UMKM yang ada. 

Festival UMKM Sembada 2023 menjadi ajang yang penting bagi UMKM untuk mempromosikan produk mereka dan mendapatkan dukungan yang lebih besar dari masyarakat.

Sumber : diskopukm.jogjaprov.go.id

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img