UMKM Binaan Pertamina Siap Rebut Pasar Nasional

Getimedia.id – Jakarta,UMKM Binaan Pertamina Siap Rebut Pasar Nasional, PT Pertamina (Persero) akan menyelenggarakan acara tahunan Pertamina SMEXPO 2023 pada akhir Oktober 2023. SMEXPO, sebagai platform pameran untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), akan memberikan kesempatan kepada UMKM yang bekerja sama dengan Pertamina untuk memasarkan produk mereka kepada masyarakat umum.

Baca Juga: Ratusan UMKM “Go International” Berkat Dukungan Pemprov Jateng

Pameran UMKM ini akan berlangsung selama 6 hari, yaitu mulai tanggal 31 Oktober hingga 5 November 2023, dan akan diselenggarakan di Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Selain di Jakarta, acara ini juga akan diadakan di tiga kota besar lainnya, yaitu Balikpapan pada tanggal 24-26 Oktober 2023, Semarang pada tanggal 3-5 November 2023, dan Pekanbaru pada tanggal 15-19 November 2023.

Pertamina SMEXPO tahun 2023 merupakan edisi keempat yang secara khusus dipersembahkan untuk mendukung UMKM di Indonesia, yang dianggap sebagai pahlawan ekonomi nasional. Pameran ini akan memberikan kesempatan kepada UMKM yang bermitra dengan Pertamina untuk memasarkan produk atau karya mereka kepada masyarakat luas.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina, menyatakan, “SMEXPO adalah salah satu ajang kebanggaan Pertamina untuk memperkenalkan produk-produk unggulan dari UMKM yang menjadi mitra kami. Kami berharap bahwa melalui acara ini, masyarakat akan dapat merasakan produk-produk berkualitas dan unik yang diproduksi di dalam negeri.”

Pertamina SMEXPO tahun ini akan mengusung tema “Mulai Langkah Kecilmu,” sebuah tema yang memberikan motivasi kepada UMKM yang bekerja sama dengan Pertamina untuk terus berkembang. Tema ini juga memberikan semangat kepada UMKM kelompok inklusi yang memiliki keterbatasan khusus untuk menjadi lebih mandiri dan kompetitif.

Selain pameran, SMEXPO juga akan menyelenggarakan forum bisnis yang bertujuan untuk menghubungkan UMKM mitra Pertamina dengan pasar global. Acara Pertamina SMEXPO ini terbuka untuk umum, sehingga masyarakat dapat mengikuti berbagai kegiatan, termasuk marketplace, fashion show, dan pertunjukan musik live.

UMKM Binaan Pertamina Siap Rebut Pasar Nasional Tidak hanya itu, dalam rangkaian acara pra-acara SMEXPO, Pertamina akan mengadakan kompetisi desain busana yang melibatkan Perwira Pertamina. Desain busana terbaik akan diproduksi menggunakan material dari Mitra Difabel yang merupakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pertamina.

Fadjar menjelaskan, “Melalui SMEXPO, para mitra binaan dengan disabilitas memiliki platform untuk mengekspresikan karya mereka dan juga untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang komitmen Pertamina dalam membangun inklusi UMK.”

Pertamina, sebagai perusahaan terkemuka dalam transisi energi, berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berkontribusi langsung pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDG). Seluruh upaya ini sejalan dengan implementasi Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh sektor bisnis dan operasi Pertamina.

 

Sumber: Sawit Indonesia

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img