Industri Mebel dan Kerajinan Siap Memperluas Pasar Melalui TEI 2023

Getimedia.id – Jakarta, Industri Mebel dan Kerajinan Siap Memperluas Pasar Melalui TEI 2023, Industri mebel dan kerajinan nasional saat ini dinilai memiliki peluang luar biasa untuk memperluas pangsa pasarnya melalui keikutsertaan dalam pameran Trade Expo Indonesia (TEI) yang berlangsung di ICE BSD Tangerang, Banten, mulai dari tanggal 18 hingga 22 Oktober 2023. 

Baca Juga : Indocomtech Suguhkan 5 Fakta Menarik

Menurut Abdul Sobur, Ketua Umum Himpunan Industri Kerajinan dan Mebel Indonesia (HIMKI), potensi pelanggan dari luar negeri telah mendorong pihaknya untuk terlibat secara aktif dalam pameran ini. Keikutsertaan HIMKI dalam acara pameran ini juga sejalan dengan syarat peserta yang telah berkomitmen untuk berorientasi ekspor.

Mengingat anggota HIMKI sebagian besar merupakan eksportir berpengalaman yang terbiasa memasok produk-produk mereka ke pasar internasional. Selain itu, menurut Sobur, alasan utama mengapa HIMKI turut serta dalam TEI 2023 adalah karena industri mebel dan kerajinan saat ini sedang fokus untuk menggarap pasar-pasar baru yang muncul.

Industri Mebel dan Kerajinan Siap Memperluas Pasar Melalui TEI 2023, Terutama di luar pasar utama yang sebelumnya berasal dari Kawasan Eropa dan Amerika Serikat. Kondisi ini disebabkan oleh tren penurunan permintaan dari kedua wilayah tersebut, yang berdampak pada penurunan nilai ekspor. Oleh karena itu, pihaknya bersungguh-sungguh dalam upaya untuk menggeser fokus pasar mereka ke wilayah-wilayah yang belum dimaksimalkan sebelumnya.

Ceruk pasar global yang tengah menjadi sasaran fokus bagi industri mebel dan kerajinan meliputi negara-negara seperti India, China, berbagai wilayah di Afrika termasuk Mesir, dan beberapa negara di kawasan ASEAN. Trade Expo Indonesia (TEI) sendiri merupakan acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan Indonesia. 

Acara ini terdiri dari dua bagian, yaitu pameran fisik yang berlangsung di gedung Indonesian Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang pada tanggal 18-22 Oktober 2023, dan pameran daring (online) dari 18 Oktober hingga 18 Desember 2023. Abdul Sobur juga menekankan bahwa stan yang dioperasikan oleh HIMKI dalam ajang TEI 2023.

Telah menerima kunjungan dari para pembeli asing yang sangat berminat mencari produk-produk mebel dan kerajinan. Selain para pembeli, banyak pemangku kepentingan dari kalangan pemerintah, termasuk Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian, serta asosiasi lainnya turut hadir dalam pameran ini.

Melalui partisipasi dalam pameran TEI ini, HIMKI juga memperkenalkan diri sebagai sebuah organisasi yang memiliki anggota yang bergerak dalam industri mebel dan kerajinan. Mereka berencana untuk berpartisipasi dalam berbagai pameran di tahun 2024, termasuk salah satunya International Furniture Expo (IFEX) 2024.

yang akan diselenggarakan mulai tanggal 29 Februari hingga 3 Maret 2024 di Jakarta. Dengan demikian, HIMKI berkomitmen untuk terus berupaya memperluas pasar dan meningkatkan eksposur industri mebel dan kerajinan nasional ke kancah global.

Sumber: Antara News

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img