Pencapaian Transaksi UMKM Pertamina Capai Rp7 Miliar Hingga Hari Kedua TEI 2023

Getimedia.id – Jakarta, Pencapaian Transaksi UMKM Pertamina Capai Rp7 Miliar Hingga Hari Kedua TEI 2023, Pertamina (Persero) mencatat bahwa sebanyak 30 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menjadi bagian dari program binaan telah berhasil meraih transaksi senilai Rp7 miliar hingga hari kedua pelaksanaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

Baca Juga : Catatan Kontrak Dagang Mencapai Rp950 Miliar pada Hari Ketiga TEI

Fadjar Djoko Santoso, Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, menyampaikan komitmen terus berlanjut untuk memberdayakan UMKM yang tergabung, dengan fokus pada pemasaran, promosi, dan upaya digitalisasi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, daya saing, dan kemampuan UMKM dalam bersaing di panggung global.

Pencapaian Transaksi UMKM Pertamina Capai Rp7 Miliar Hingga Hari Kedua TEI 2023, Pertamina juga berencana untuk meningkatkan partisipasi UMKM binaan dalam pameran, baik di dalam maupun di luar negeri, dengan melakukan ekspansi produk lokal di pasar internasional. Fadjar menegaskan bahwa fokus utama setelah berakhirnya pameran adalah memastikan terjadinya transaksi penjualan yang berkelanjutan, serta terus meningkatnya penerimaan produk UMKM di pasar global.

Salah satu UMKM yang mencuri perhatian adalah D’Etnick Istana Mutiara Lombok, yang berhasil menjual 1,79 kilogram mutiara dengan nilai transaksi mencapai Rp1,6 miliar. Janual Aidi, pemilik D’Etnick Istana Mutiara Lombok, mengungkapkan kegembiraannya atas kesuksesan ini, dan menekankan pentingnya ekspansi ke pasar global melalui pertemuan langsung dengan pembeli.

D’Etnick Istana Mutiara Lombok menawarkan berbagai produk mutiara dari Lombok Timur dengan sentuhan konsep etnik, berhasil menarik minat pembeli dari Rusia dan Korea. Janual menggunakan strategi menawarkan produk dari kelas rendah hingga kelas atas untuk menembus berbagai pasar.

Setelah berhasil melakukan negosiasi di stan UMKM Pertamina di TEI 2023, Janual segera menghubungi istrinya untuk mempersiapkan pengiriman mutiara sesuai dengan kebutuhan pembeli. Sementara itu, Janual tetap fokus mencari peluang dengan calon pembeli lain di stan UMKM Pertamina di TEI 2023.

Fadjar menambahkan bahwa selain mutiara, produk UMKM binaan Pertamina lainnya, seperti rempah-rempah dan kuliner khas Nusantara, juga menarik perhatian pengunjung pameran dan berhasil mencapai peningkatan omzet yang signifikan. Ia berharap transaksi akan terus meningkat hingga akhir acara pameran.

Sumber: Antara News

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img