Sertifikasi Halal Gratis untuk Para UMKM, Dengan Ikuti Halal Fair Series dan Halal Trade Show

Pameran produk halal terbesar di Indonesia, bertajuk Halal Fair Series, akan kembali meramaikan panggung bisnis pada 8-10 Desember 2023. Acara ini akan diselenggarakan di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang, mengusung konsep gabungan antara Business to Customer (B2C) dan Business to Business (B2B), dalam kerjasama dengan pameran Halal Indonesia International Trade Show (HIITS).

Pameran yang menempati area seluas 10.000 m2 ini akan diikuti oleh 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri, termasuk negara-negara seperti Malaysia, Palestina, Filipina, Jepang, Arab Saudi, dan Amerika Serikat. Wahyu Promo Citra sebagai penyelenggara bersama Bank Jago Syariah, menghadirkan konsep pameran secara hybrid yang melibatkan sejumlah aggregator ekspor. Rangkaian acara tidak hanya terbatas pada pameran produk dari berbagai sektor bisnis seperti Food & Beverage (F&B), fashion, travel agent, sekolah, dan buku Islam, tetapi juga mencakup seminar edukasi bisnis ekspor-impor, workshop, buyers night, hingga business matching.

Baca Juga : GETI dan Koperasi Dikti Tiga Monas Sepakat Tingkatkan Kompetensi Digital Bersama

Menariknya, acara ini tidak hanya menjadi wadah bagi perusahaan besar, tetapi juga menjadi peluang emas bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal termasuk Sertifikasi Halal Gratis untuk UMKM. Satrio Sukur, Project Director Wahyu Promo Citra, berharap bahwa Halal Fair Series tahun ini dapat memperkuat ekosistem halal, sejalan dengan Master Plan Industri Halal Indonesia (MPIHI) 2023-2029 yang baru saja diluncurkan oleh Wapres K.H. Ma’ruf Amin pada Oktober lalu.

Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat Muslim terhadap ekonomi dan keuangan syariah, pelaku usaha produk dan jasa halal dituntut untuk lebih proaktif dalam mengakomodasi kebutuhan pasar. Hal ini juga menjadi momentum bagi UMKM lokal untuk tampil dan memberikan solusi yang tepat kepada konsumen, serta mendorong mereka untuk mengurus sertifikasi halal.

Salah satu highlight dari acara ini adalah penawaran khusus dari Bank Jago Syariah. Selama Halal Fair-HIITS berlangsung, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) akan memberikan konsultasi dan pelayanan sertifikasi halal gratis untuk UMKM. Bank Jago Syariah sebagai sponsor utama menawarkan layanan perbankan syariah setara dengan konvensional. Nasabah baru bahkan berkesempatan mendapatkan tiket gratis, sementara bonus rezeki diberikan kepada nasabah yang bertransaksi menggunakan QRIS Jago Syariah pada UMKM tertentu.

“Kami berharap kegiatan Halal Fair dapat membantu meningkatkan literasi keuangan syariah dan mendorong konsumsi produk halal lokal, khususnya pada masyarakat Indonesia,” ujar Agung Lesmana, Head of Sharia Financing PT Bank Jago Tbk. Dengan adopsi teknologi terkini, Bank Jago berkomitmen untuk memajukan ekonomi dan industri keuangan syariah, sejalan dengan semangat dan tujuan acara ini.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img