Event Promosi Produk Turunan UKMK Sawit BPDPKS Palembang

getimedia.id – Jakarta, Event Promosi Produk Turunan UKMK Sawit BPDPKS Palembang, Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) secara aktif berpartisipasi dalam acara Gebyar UKMK Berbasis Sawit di Palembang, Sumatera Selatan, dengan tujuan mendukung UKMK sawit dalam menjalankan usaha mereka menuju pasar internasional. Event ini menampilkan booth dari berbagai UKMK terpilih dari seluruh Indonesia yang memamerkan produk-produk hilir berbahan kelapa sawit. 

Baca Juga :Dukungan Perbankan untuk UMKM Go Digital

Selain itu, rangkaian kegiatan edukasi dan promosi terhadap industri sawit juga diadakan dengan sasaran beragam, mulai dari anak-anak taman kanak-kanak (TK) hingga para mahasiswa, fotografer, desainer, dan ibu-ibu pelaku UKMK. Kepala Divisi UKMK Badan Pengelola Dana Perkebunan Sawit (BPDPKS) Palembang, Helmi Muhansyah, menjelaskan bahwa acara ini menyediakan tiga workshop khusus untuk UKMK. 

Workshop pertama fokus pada produk-produk turunan dari kelapa sawit, memberikan wawasan tentang cara menghasilkan produk bernilai tambah dari bahan baku sawit. Workshop kedua ditujukan kepada generasi muda yang ingin berwirausaha di sektor UKM Sawit, bertujuan untuk merangsang potensi wirausaha muda. Terakhir, workshop ketiga adalah “UKMK Sawit Go Global Go Digital,” yang membantu UKMK untuk memahami potensi pasar global dan strategi digital.

Selain workshop, acara ini juga menampilkan berbagai kegiatan lomba dengan tema berfokus pada kelapa sawit. Lomba-lomba ini mencakup berbagai usia dan minat, seperti lomba desain batik sawit dan aktivitas menggambar dan mewarnai untuk anak-anak TK dan SD. Selain itu, ada cerita dongeng tentang sawit yang disajikan untuk mengedukasi anak-anak tentang industri ini. 

Untuk mahasiswa, ada lomba cerdas cermat dengan fokus pada topik sawit, sementara para fotografer memiliki kompetisi fotografi dengan subjek kelapa sawit. Selanjutnya, ada lomba kreasi makanan yang menggunakan cokelat dan gula sawit sebagai bahan utama, mempromosikan kreativitas dalam memanfaatkan produk turunan sawit.

Event Promosi Produk Turunan UKMK Sawit BPDPKS Palembang, Vincen Haryono, salah satu anggota SPKS dan ketua Koperasi KSP Karya Mandiri dari Kabupaten Tanjabarat Jambi, menambahkan bahwa SPKS secara konsisten mendorong anggotanya untuk mengembangkan pendapatan mereka di luar penjualan Tandan Buah Segar (TBS). Hal ini dicapai dengan mengembangkan berbagai produk olahan dari turunan sawit, seperti dodol, stick, keripik, dan produk-produk inovatif lainnya. 

Ini adalah langkah penting dalam diversifikasi pendapatan petani sawit dan meningkatkan daya saing industri UKMK sawit. Acara Gebyar UKMK Berbasis Sawit merupakan inisiatif yang sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi masyarakat terhadap industri sawit.

Selain itu, acara ini memberikan dukungan yang diperlukan bagi UKMK sawit untuk bersaing di pasar internasional dan mengembangkan usaha mereka dengan lebih baik. SPKS, sebagai salah satu organisasi terkemuka dalam industri sawit, berperan aktif dalam menggerakkan perubahan positif ini dan membantu anggotanya meraih kesuksesan dalam bisnis UKMK sawit.

Sumber : sindonews.com

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img