Kerja Sama Mendorong Kemajuan UMKM dan Pemberdayaan Perempuan di Indonesia

getimedia.id – Jakarta, Kerja Sama Mendorong Kemajuan UMKM dan Pemberdayaan Perempuan di Indonesia, Bank Sampoerna telah memulai kerja sama strategis dengan International Development Finance Corporation (DFC) Amerika Serikat untuk mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan meningkatkan akses mereka ke sumber pembiayaan. Kesepakatan penting ini resmi diumumkan melalui penandatanganan perjanjian strategis di Jakarta pada tanggal 27 September 2023.

Baca Juga : Ancaman Resesi 2023 UMKM Bisa jadi Solusi Jitu

Agnes Dasewicz, Chief Operating Officer DFC, sangat mengakui peran kunci yang dimainkan oleh UMKM dalam konteks pembangunan berkelanjutan. Dia juga menyoroti pentingnya memberdayakan perempuan dalam dunia bisnis untuk mengoptimalkan potensi mereka. “Kami percaya bahwa kolaborasi dengan Bank Sampoerna akan membantu memperluas akses pembiayaan bagi beragam UMKM di seluruh Indonesia, 

Dengan fokus khusus pada pengusaha perempuan,” kata Agnes. Dia menjelaskan bahwa kolaborasi strategis ini akan memadukan keahlian kedua belah pihak untuk mencapai tujuan bersama. Diharapkan, kerjasama ini akan berdampak positif pada UMKM serta kesetaraan gender dengan memperluas akses pembiayaan bagi pengusaha perempuan.

Sebagai tahap awal, DFC dan Bank Sampoerna telah menyetujui secara prinsip untuk memberikan jaminan kredit sebesar 50% dari total pinjaman senilai USD 200 juta. Ali Rukmijah, CEO Bank Sampoerna, menekankan bahwa kerja sama ini tidak hanya berkaitan dengan aspek keuangan semata.

Tanggung jawab sosial juga memiliki peran yang sama pentingnya. “Selain itu, kesesuaian visi antara Bank Sampoerna dan DFC memberikan motivasi tambahan bagi kami untuk bekerja secara inovatif dan produktif,” ujar Ali. Ali juga menekankan bahwa bermitra dengan DFC dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, terutama melalui dukungan terhadap UMKM dan kesetaraan gender, merupakan suatu kehormatan bagi Bank Sampoerna.

Kerja Sama Mendorong Kemajuan UMKM dan Pemberdayaan Perempuan di Indonesia, Kolaborasi strategis antara Bank Sampoerna dan DFC mencerminkan komitmen kuat mereka untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan memberdayakan masyarakat di Indonesia. Dengan memberikan dukungan keuangan yang sangat dibutuhkan dan peluang kepada para pengusaha perempuan, kemitraan ini memiliki potensi untuk menjadi pendorong perubahan positif dalam sektor UMKM sambil mendorong kesetaraan gender. 

 

Bank Sampoerna dan DFC siap menggabungkan kekuatan dan sumber daya mereka untuk menciptakan masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan bagi UMKM di Indonesia. Inisiatif ini mencerminkan peran vital yang dapat dimainkan oleh kemitraan antara sektor publik dan swasta dalam mendorong pembangunan ekonomi dan kemajuan sosial.

Seiring berjalannya waktu, diharapkan kolaborasi ini akan menjadi contoh bagi inisiatif serupa di berbagai negara berkembang di seluruh dunia. Upaya ini akan memperkuat potensi wirausaha perempuan, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Sementara itu, langkah-langkah konkret seperti jaminan kredit sebesar 50% dari DFC akan membantu mengurangi risiko bagi UMKM yang seringkali kesulitan mengakses pembiayaan tradisional. Dengan sinergi antara Bank Sampoerna dan DFC, harapan akan terwujudnya perubahan positif dalam pemberdayaan UMKM dan peningkatan kesetaraan gender semakin terlihat jelas.

Kemitraan ini bukan hanya tentang pembiayaan bisnis; ini adalah tentang menciptakan peluang, memajukan potensi, dan merangkul inklusivitas dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif. Dalam era pembangunan berkelanjutan, kolaborasi semacam ini merupakan tonggak penting dalam membangun masa depan yang lebih baik untuk semua.

Sumber : sindonews.com

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img