Peran UMKM Menguatkan Perekonomian Indonesia

geti media – Jakarta Peran UMKM Menguatkan Perekonomian Indonesia, kontribusi UMKM  bagi perekonomian Indonesia telah membuktikan ketangguhannya, terutama saat menghadapi tantangan besar seperti pandemi COVID-19. Meskipun tidak dapat disangkal bahwa UMKM juga terkena dampak dari pandemi ini, sektor usaha rakyat ini tetap eksis dan bahkan menjadi penyelamat ekonomi di tengah krisis yang melanda.

Baca Juga: Menteri Perdagangan Dorong UMKM E-Commerce

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho, saat peluncuran SHW Center di Jakarta, mengungkapkan keyakinannya akan kekuatan UMKM. Ia menekankan bahwa UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional dan harus menjadi lokomotif penggerak ekonomi di Indonesia. 

Saat ini, Peran UMKM Menguatkan Perekonomian Indonesia, SHW Center telah bergerak dalam dua sektor usaha UMKM, yaitu air minum dan peternakan ayam, yang telah berjalan dengan baik. Hal ini merupakan langkah konkret dalam mendukung perkembangan UMKM dan menguatkan peran mereka dalam perekonomian.

Data menunjukkan bahwa UMKM memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, mencapai 60,5 persen, dan menyerap tenaga kerja sebanyak 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Selain itu, sektor UMKM juga menjadi penyelamat saat krisis ekonomi tahun 1998, ketika banyak perusahaan besar mengalami kebangkrutan.

Pentingnya peran UMKM semakin terbukti selama pandemi COVID-19. Meskipun banyak UMKM mengalami kesulitan, sebagian besar dari mereka berhasil bertahan dan bahkan mulai beroperasi normal kembali. Hal ini menjadikan UMKM sebagai salah satu sarana utama untuk mengentaskan masyarakat kecil dari jurang kemiskinan.

Selain itu, peran UMKM juga sangat penting dalam menyediakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja. Mereka juga menjadi jaringan pengaman bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif serta membuka peluang investasi.

Melalui upaya konkret seperti yang dilakukan oleh SHW Center, harapan untuk meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian semakin nyata. Dengan terus mendukung dan memberdayakan UMKM, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengatasi tantangan ekonomi, bahkan di tengah krisis global seperti yang dihadapi selama pandemi COVID-19.

Selain itu, upaya kolaboratif dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, perusahaan besar, dan lembaga keuangan, juga diperlukan untuk memastikan bahwa UMKM terus berkembang dan berkontribusi positif bagi perekonomian Indonesia. Dengan demikian, sektor UMKM dapat tetap menjadi pilar utama dalam memperkuat ekonomi nasional.

Sumber : Radar post

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img