Pesan Ganjar Untuk Pelaku Usaha

Getimedia – Jakarta Pada Minggu, Pesan Ganjar Untuk Pelaku Usaha, 24 September 2023, di daerah Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, sebuah forum silaturahmi pengusaha berlangsung dengan tema “Peluang dan Tantangan Pelaku Usaha.” Acara ini dihadiri oleh bakal calon presiden RI, Ganjar Pranowo, yang berdiskusi dengan antusiasme dan menyerap aspirasi dari para pelaku usaha yang hadir. Para pengusaha ini dengan tegas menyuarakan keinginan mereka agar akses permodalan dapat dipermudah dan penjualan mereka difasilitasi.

“Pak, permudah akses modal, marketing, dan bagaimana mereka harus menghadapi perubahan pasar yang begitu cepat dengan kehadiran dunia digital,” kata Ganjar, mencerminkan aspirasi para pengusaha.

Ganjar menekankan pentingnya perizinan yang mudah dan kepastian hukum bagi para pengusaha. Menurutnya, hal ini akan membantu mereka berkembang dan menjalankan usaha mereka dengan lebih nyaman. “Seluruh perizinan itu harus mudah. Jika hukumnya jelas dan penegakannya konsisten, mereka akan senang karena dapat menjalankan usaha mereka dengan aman,” tegas Ganjar.

Selain itu, Ganjar mendorong para pelaku usaha untuk membentuk koperasi guna mengatasi berbagai tantangan perdagangan seperti masalah pasokan bahan baku seperti bawang, daging, dan cabe. “Yang perlu dilakukan adalah membentuk koperasi. Melalui koperasi, mereka dapat memiliki unit usaha seperti pengadaan daging, cabe, dan bawang,” ujarnya.

Ganjar juga mendapatkan pertanyaan tentang komitmennya untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) jika terpilih sebagai Presiden pada tahun 2024, dan ia dengan tegas menyatakan kesiapannya.

Prestasi luar biasa yang telah dicapai Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah juga menjadi sorotan. Perekonomian masyarakat di Jawa Tengah mengalami peningkatan yang signifikan selama kepemimpinannya. Pada tahun 2022, terdapat 178.821 UMKM di Jawa Tengah dengan omset total mencapai Rp 68,48 triliun. Jumlah tenaga kerja UMKM yang dibina di Jawa Tengah mencapai 1,32 juta orang pada tahun yang sama.

Selain itu, produk-produk UMKM Jawa Tengah telah berhasil mengekspor ke pasar internasional seperti Singapura, Jepang, dan Eropa. Ini merupakan bukti konkret dari upaya Ganjar dalam membantu UMKM untuk memasuki pasar global.

Selama kepemimpinannya, Ganjar juga berhasil meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga hanya tiga persen per tahun, bekerja sama dengan Bank Jateng. Program ini memungkinkan Jateng meraih penghargaan sebagai penyalur KUR terbaik tingkat nasional, dengan nilai penyaluran kredit usaha rakyat mencapai Rp. 65,5 triliun pada tahun 2022.

Ganjar juga membangun Hetero Space, sebuah inisiatif yang memberikan dukungan kepada anak muda dan pengembangan UMKM di Semarang, Solo, dan Banyumas. Hetero Space melibatkan ribuan anggota, puluhan ribu pengunjung, dan ratusan program serta event yang telah memberikan keuntungan bagi UMKM dan startup lokal.

Pesan dari Ganjar Pranowo adalah komitmen untuk terus mendukung pengusaha dan UMKM, dengan tujuan utama mempermudah akses permodalan, pemasaran, dan penanganan berbagai tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha. Jika terpilih sebagai Presiden, Ganjar berjanji untuk memperjuangkan kepentingan para pengusaha Indonesia.

 

Sumber: wartakota

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img