Kisah Veronica, Pemilik Kopi Toejoean: Dari Hobi Kopi Jadi Bisnis Sukses

Tangerang, 27 September 2025 – Kecintaan Veronica pada kopi berhasil ia wujudkan menjadi bisnis menjanjikan bernama Kopi Toejoean. Perempuan asal Slipi, Kemanggisan, Jakarta Barat ini memulai perjalanannya saat pandemi 2021, ketika aktivitas banyak dilakukan dari rumah.

“Saya ikut kelas barista, kumpulkan tabungan untuk beli mesin kopi, dan gabung komunitas entrepreneur Jakarta,” kenang Veronica. Dari langkah berani itu, Kopi Toejoean resmi berdiri dan mulai memasarkan produk kopi serta minuman nonkopi berbasis biji kopi Nusantara dari petani lokal.

Baca juga: Askrindo Gandeng UMKM Kalbar, Perkuat Ekosistem Bisnis yang Tahan Risiko

Awalnya hadir secara online, kini Kopi Toejoean juga memiliki gerai offline di Rumah BUMN Jakarta Barat. Tahun 2024 menjadi momen penting karena Veronica resmi bergabung sebagai UMKM binaan BRI.

“Pendampingan dari Rumah BUMN BRI membuat usaha saya berkembang pesat. Saya belajar strategi pemasaran, manajemen, hingga digitalisasi usaha,” ujarnya.

Salah satu fasilitas yang dimanfaatkan Veronica adalah LinkUMKM, platform digital BRI untuk pemberdayaan UMKM. Dengan platform ini, Kopi Toejoean kini sudah berada di level 3 UMKM Smart, setelah sebelumnya hanya di level 1.

“Fitur ini membantu saya mengetahui kelemahan usaha dan memberi checklist untuk naik kelas,” tambahnya. Selain itu, Veronica juga menggunakan fitur etalase digital untuk promosi produk serta mengikuti berbagai pelatihan yang disediakan BRI.

Veronica menegaskan, Kopi Toejoean konsisten menjaga kualitas dengan menggunakan biji kopi lokal berkualitas yang digiling dan diolah sendiri agar tetap segar. Upaya ini sekaligus mendukung keberlanjutan para petani kopi Nusantara.

Baca juga: Dari Sampah hingga Energi Terbarukan, Inovasi Hijau IDSurvey di 2025

Direktur Micro BRI, Akhmad Purwakajaya, menyampaikan bahwa LinkUMKM kini memiliki lebih dari 13,4 juta pengguna. “Platform ini bukan hanya tempat bertemunya pelaku usaha dan pembeli, tapi juga ruang kolaborasi untuk menciptakan ekosistem bisnis inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Kisah sukses Veronica menjadi inspirasi bagi banyak pelaku UMKM bahwa dengan keberanian, pendampingan, dan digitalisasi, hobi dapat berubah menjadi bisnis yang berdaya saing tinggi.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

spot_img